Gloomy Tuesday



Kenapa gua tulis judulnya kaya gitu ? (ya suka suka gua). Iya sesuai dengan judulnya ‘Gloomy Tuesday’ , hari ter-tolol yang pernah gua alamin, hari yang bener-bener ngebuat harga diri gua terjun bebas kebawah, hari yang sangat mungkin gak gua lupakan di masa-masa Sma yang gaul ini.

Kesialan itu terjadi tepat waktu hari selasa di saat bulan purnama tidak muncul (saik). Semuanya berawal saat gua telat bangun ke sekolah, sekolah gua masuk jam setengah tujuh, gua biasanya bangun jam lima, sedangkan gua saat itu bangun jam enam, itu udah bener-bener telat tingkat akut, mengingat rumah gua yang berjarak kira-kira 6km dari sekolah, jauh banget, di tambah lagi medan yang begitu berat dari rumah gua ke sekolah, gua harus melewati banyak rintangan untuk mencapai sekolah gua, salah satu rintangan yang paling berat saat itu adalah ‘jalan jongkok di atas sungai’ itu rintangan terberat menurut gua

Balik ke tekape. Gua langsung jalan saat itu menuju sekolah gua (jalan menuju kesengsaraan).

Semua orang Jakarta pasti tau apa saja kendala yang di hadapi ketika hendak pergi di pagi hari. Salah satu yang paling familiar yaitu MACET. Gua kejebak macet yang amat sangat tidak berpri-kelalulintasan, ini mungkin macet terkampret yang pernah gua alamin.

Sembari kejebak macet, gua iseng-iseng ngebayangin Jakarta untuk 10 tahun ke depan bakal gimana, gua ngebayangin mungkin aja Jakarta nanti bakal di landa macet yang udah bener-bener akut, udah bener-bener kampret, sangking parahnya gua bangun tidur bukan lagi dari alarm yang gua buat, melainkan dari terjangan suara-suara klakson dan knalpot, gua ngebayangin pas gua bangun gua buka mata gua langsung ngeliat mobil, motor, kereta api lagi berdesak-desakan di depan rumah gua, kemacetan bukan lagi terjadi di jalan-jalan raya, melainkan sudah mencapai pelosok gang-gang sempit. Ini gilaa !

Sangking gua ke asikan ngekhayal tentang 10 tahun kedepan kota Jakarta, gua gak sadar kalo gua udah nyampe sekolahan. Gua masuk ke gerbang sekolah yang hampir di tutup. Sekolah gua terlihat sangat angker saat itu, perasaan gua juga udah mulai gak karuan. Peraturan di sekolah gua juga cukup ketat, selain tidak boleh masuk sekolah kalau sudah jam 7, rambut juga tidak boleh gondrong, kagak boleh lebih dari 2cm, ini memungkinkan andika kangen mamaben tidak akan mau bersekolah di sekolah gua.

Gua jalan langkah demi langkah, lantai demi lantai, centi demi centi, gua ngeliat banyak rambut berserakan di mana-mana, gua mulai panik, gua pegang rambut gua, panjang !! gua deg-degan, darah gua mengalir se-arah arus sungai, jantung gua berdetak se-arah jarum jam, mungkin dikit lagi gua akan gagal jantung.

Hal yang paling gua takuti akhirnya datang juga. Bu Diah, guru sekaligus tukang cukur gadungan di sekolah gua, dia nyamperin gua, gua ngeliat dia dari kejauhan bak sesosok mahkluk gaib yang gak jelas siapa orang tuanya, gua tegang. Gua ngeliat di tangan kananya dia bawa senjata pamungkasnya yang dia pakai saat perang sarung antar geng berlangsung ‘gunting’. Dia ngeliat gua, gua ngeliat dia, kita sama-sama liat-liatan, kita tatap-tatapan. Gua pasang tampang muka melas, dia pasang tampang muka mupeng. Kaki gua gemeteran, tangan gua gemeteran, jantung gua juga gemeteran. Tanpa di beri aba-aba lagi dengan satu hentakan mahadahsyat gunting yang daritadi dia pegang akhirnya melayang ke kepala gua, SSRRRATTT SSREEETTT BUUUMMMM NNGUENNNNG WUUIIHHHH !!

Tamatlah riwayat gua , gua pegang lagi rambut gua, rada bergelombang, gak rata, gua ngaca, monyet !! Rambut gua abis, sekarang gua lebih mirip kaya kambing bandot tolol yang di jepit selangkanganya tersesat di tengah butiran debu dan badai, metal !!

Gua bener-bener stress berat waktu itu, bener-bener stress, gua hampir bunuh diri tapi gua batalin mengingat nanti kalo gua mati siapa yang ngasi makan marmut gua. Dalem hati gua mulai ngedumel, tuh guru sebenernya kagak cocok jadi guru, mending dia buka salon kecantikan yang di beri nama ‘the beauty and the beast diah of the salon kampret’ pasti laku keras tuh salonnya daripada dia jadi guru bisanya cuma nakut-nakutin murid doang. Gua ngebayangin kalo dia buka salon beneran, setiap ada orang dateng minta di cukur dia langsung dateng menuju orang itu dan dengan sigapnya langsung SRAARTT SREERTT SRARRT SRETT selesai ! 98% orang itu bakal KAPOK dan DENDAM ama tuh salon, ampe-ampe dia berniat untuk ngeBom tuh salon ama tukang cukur salonnya sekalian.

Gua ngedumel terus sepanjang perjalanan ke kelas gua, gua galau, pikiran gua kosong, tatapan gua hampa. Gua ketok pintu kelas.
‘permisi buu, maaf saya telat’ kata gua sembari masuk ke kelas, gua bingung kok gurunya beda, setau gua jam pelajaran sekarang gurunya bukan dia.
‘iyaa, rumah kamu dimana ? kok bisa telat ?’ sahut gurunya yang juga bingung dengan kedatangan gua.
‘rumah saya di ciracas bu’ jawab gua sekenanya
‘kok rumahnya di ciracas bisa telat sih ? rumah ibu aja yang di daerah bekasi bisa engga telat’ kata gurunya nyeramahin gua.
Gua yang saat itu bener-bener galau bercampur cape bercampur malu dengan rambut yang sedikit alay ini hanya bisa jawab.
‘maaf bu kesiangan’ singkat gua
‘lain kali bangunya agak pagi ya, biar engga telat, ehm kamu anak baru ya disini ?’ Tanya ibu gurunya
Satu kesalahan besar yang bener-bener fatal yang gua lakuin yaitu gua engga ngeliat dulu murid-muridnya, gua bingung kok gua di kira anak baru sih.
‘anak baru ? engga kok bu, saya bukan anak baru’ jelas gua.
Gurunya masih heran ngeliat tingkah gua yang bener-bener tolol.
Dia pasang muka bingung ‘kok ibu gak pernah liat kamu di kelas ini ya ?’ kata gurunya.
Ampe sini otak gua mulai menerawang, insting gua mulai bermain, spontan gua langsung ngeliat murid-muridnya.
Omaigott !! freak !!
Kok orang-orangnya beda ya ? gua berpikir positif, mungkin aja semua temen-temen gua pada operasi plastik semua, makanya muka mereka pada beda banget kaya gini (tambah jelek)
5 detik kemudian gua langsung sadar, GUA SALAH MASUK KELAS, BRENGSEK !
Alhasil, satu kelas yang berisi anak-anak gaul itu dengan kompak dan tidak ber-prikegaulan menertawakan gua dengan ganasnya bak serigala yang belum makan 10 bulan, gua dilepmarin batu, dilemparin kapas, tapi gua pengen banget di lemparin duit.

Gua ngerasa terlecehkan disini, gua langsung tertunduk lesu, gua malu, kelewat malu, bener-bener malu.

Dengan penuh lapang dada gua langsung bilang ‘maaf bu, kayanya saya salah masuk kelas’. Gurunya hanya bisa geleng-geleng kepala sama cengar-cengir blo’on
‘hihihi, emang kelas kamu dimana ?’ Tanya gurunya dilengkapi dengan cekikikan blo’onnya itu
‘di 11ipa 2 bu, di sebelah’ jawab gua singkat
Ibu gurunya masih aja cengar-cengir bloo’on, mungkin dia belom puas kali ngetawain gua, dia pengen buat gua malu kali, dia gak tau apa kalo gua udah bener-bener malu.

Dengan sigap gua langsung pamit ke gurunya dan langsung keluar, kembali... teriakan-teriakan yang sifatnya melecehkan terdengar riang gembira menertawakan gua, gua hanya bisa tertunduk kalem sembari meninggalkan kelas busuk itu.

Sama kaya tadi, pas gua masuk ke kelas gua, gua juga gak luput dari tertawaan-tertawaan, hinaan cacian. Gua bener-bener suntuk, gua ngedumel lagi, kalo tau gini mending gua gak usah masuk deh, sempak !!

Sebenernya tadi gua niatnya pengen engga masuk sekolah, tapi mengingat hari ini ada pelajaran Kwn, pelajaran dengan guru tergalak menurut gua, makanya gua bela-belain masuk, bisa-bisa kalo gua masuk sekarang dengan keterangan alfa, bisa jadi minggu depan gua bakal di jadiin makanan dolpin kali ama guru Kwnnya.

Pelajaran demi pelajaran gua lewati dengan kedaan hati yang sedang gundah gulana, gua galau berat, pas guru lagi nerangin pelajaran gua gak konsen, gua malah asik gigitin pensil niruin gaya iklan permen mins. Ini mungkin hari tersial gua, hari yang gak akan gua lupain selama masa-masa Sma.

Untungnya gua bawa topi, jadi gua agak terselamatkan dengan keadaan rambut gua yang gayanya mirip kaya abri di PHK.

Pas isthirahat gua gak berani keluar kelas, gua lebih baik berdiam diri di dalem kelas dengan di temani api unggun serta secangkir kopi dan satu selimut tebal (ini gua lagi sekolah apa lagi kemping sih ?)

Gua masih keinget tentang kejadian yang tolol tadi, kok gua bisa-bisanya ya salah masuk kelas ? mungkin ini efek dari cukur rambut kampret itu, otak gua jadi stress, dan akhirnya gua gak sadar memasuki kelas yang salah, memasuki kelas yang busuk.

Pas pulang sekolah gua sibuk nyari cara agar rambut gua bisa cepet numbuh, gua sibuk searching di google cara numbuhin rambut dengan cepat, gua nge-search ‘cara numbuhin rambut dengan cepat dan tepat tanpa efek samping’ tapi hasilnya kurang memuaskan, karna yang gua dapet bukan solusi dari permasalahan yang gua cari melainkan iklan-iklan porno dan jebakan-jebakan web betmen yang tertera di google tersebut.

Ada satu postingan di google tersebut yang lumayan ngebuat gua penasaran, disitu dibilang cara menumbuhkan rambut dengan cepat yaitu dengan cara mencampurkan air bekas rebusan indomi dengan putih telur lalu oleskan setiap jam 11 malam kliwon secara berkala. Gua agak ragu ama informasi tadi. Setelah melewati pertimbangan yang sangat ketat akhirnya gua kagak jadi ngikutin cara yang tadi, kalo gua ngikutin cara yang tadi yang ada rambut gua bukan cepet numbuh, yang ada entar malah rontok permanen rambut gua.

Cara nge-search di google gagal total, gua mencari cara lain, gua baca-baca Koran waktu itu dan di satu halaman gua nemuin 1 produk buat numbuhin rambut dengan cara instant, tapi lagi-lagi gua ragu, gua bingung itu numbuhin rambut yang mana. Dengan sangat berat hati gua pun menolak produk itu.
Gua bingung banget, gua stress, gua hampir gila waktu itu, gua bener-bener pasrah dengan keadaan.

Disaat lagi pasrah-pasrahnya dengan keadaan gua teringat dengan temen gua adam, dulu dia di gosipin mempunyai ramuan penumbuh rambut dengan cepat, gua langsung buru-buru kontak ke dia.
‘dam, denger-denger lau punya ramuan penumbuh rambut ? kalo punya besok bawaain yeh, penting’ kata gua
‘iyehh, selain pake ramuan itu bisa juga pake oriorioo di tambah sama daiya sama sampo metal’
Walaupun sedikit agak kagak jelas gua langsung iya-iyain aja.

Besoknya gua berabgkat ke sekolah dengan memakai topi, karna malu dengan rambut gua. Pas nyampe di sekolah gua langsung minjem ramuan penumbuh rambutnya adam.
Gua make tuh ramuan setiap hari, hari demi hari, rambut gua keliatan udah agak mulai numbuh, walaupun masih belum panjang, tapi udah lumayan lah.

Gua berterima kasih ama adam, karna dia udah ngasih solusi yang tepat dari permasalah yang gua punya, berkat ramuan ajaibnya itu rambut gua sekarang udah lumayan panjang.


*Ini kalo gak salah ramuan yang dikasih Adam, mahal loh.

Semenjak kejadian selasa kelam itu hidup gua semakin berubah, gua sangat menghindari Bu Diah, dimana ada Bu Diah, otomatis disitu PASTI gak ada gua. Gak cuma itu, semenjak kejadian selasa kelam itu juga jadwal bangun gua jadi lebih pagi, gua masang alarm lebih pagi, yang tadinya bangun jam lima, sekarang gua cepetin jadi jam setengah lima, itu semua gua lakuin untuk menghindar dari pemeriksaan rambut/terror Bu Diah.
Salam Cukur !!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar