Science For a Life


Masuk jurusan ipa tuh bebannya berat banget, kelewat berat, beratnya udah akut banget. Tiada hari tanpa pr, setiap hari pr bertaburan, setiap hari pr berserakan, setiap hari pr berjatuhan, ampe-ampe liburan gua di kampung gua di Berlin pas akhir semester jadi gak tenang gara-gara inget pr terkutuk itu. Itulah resiko menjadi anak ipa.

Sebenernya waktu pemilihan jurusan pas kelas 10 dulu gua udah tau sih untung ruginya kalo masuk jurusan ipa , semuanya udah gua pertimbangin mateng-mateng.

Salah satu hal yang ngebuat gua pengen masuk jurusan ipa sih cukup simple, biar cuma buat di bilang keren aja.
Gua ngebayangin misalkan gua masuk jurusan ips, terus gua ditanya sama om om tolol ‘kamu masuk jurusan mana ?’ kata omnya
Terus gua jawab dengan santai dan prihatin ‘ips om’
98% gua bakal di ludahin sama dia.
Beda lagi ceritanya kalo gua masuk jurusan ipa , terus gua di tanya sama om om sixpack ‘kamu masuk jurusana mana ?’ kata omnya
Otomatis dengan lantang sambil busungkan dada gua jawab ‘ipa om !’
97% gua bakal di ajak ngegym bareng sama om om sixpacknya.

Itulah enaknya masuk jurusan ipa, derajat kita bisa sedikit lebih terangkat, orang pun akan segan sama kita dan harga diri kita bisa di pandang sama orang lain serta persepsi orang ke kita pun baik.

Tapi di balik semua itu, kesengsaraan pun sudah menanti di depan mata, hitung-hitungan puun seakan sudah menjadi makanan sehari-hari anak ipa, beban buku yang di bawa pun gak bisa lagi di ukur dengan timbangan, itu sangking beratnya buku yang di bawa, tapi ya mau gimana lagi, namanya orang yang mau sukses, harus tahan banting.

Sebenernya kalo di liat-liat lagi, gua di bidang pelajaran ipa sih enggak begitu menonjol, enggak terlalu bisa, modal gua cuma hapal perkalian 1-12 doang, itupun masih ada yang miss.

Matematika gua ancur, setiap kali ulangan setiap kali itu juga gua remedial. Pas guru matematika gua lagi nerangin, dengan indahnya gua sibuk main kapal-kapalan dari kertas, gua bingung sekaligus ngantuk sekaligus lelah, yang ada kalo gua maksain merhatiin apa yang guru gua terangin pas gua lagi ngantuk, saraf-saraf gua bisa dengan mudah terserang tumor ganas di bagian pantat. Pelajaran matematika tergolong susah dan berbahaya, apalagi kalo udah yang menyangkut akar-akaran sama koma-komaan, gua lepas tangan.


*Ngeliatnya aja gua udah puyeng, gimana mau ngerjain coba ?

Fisika gua berantakan, setiap kali ada pelajaran fisika, setiap kali itu juga gua ngacir ke kantin. Menurut kacamata pandang gua fisika itu merupakan pelajaran tersulit dari semua pelajaran yang pernah ada di muka bumi ini yang pernah gua pelajarin. Perpaduan antara fisika dan matematika itu sangat cocok, kedua pelajaran itu sangat serasi, layaknya seperti prince william dan nunung. Keduanya takkan bisa terpisahkan, kedua pelajaran itu akan saling mengisi kekurangan mereka satu sama lain. Tidak bisa matematika otomatis pas pelajaran fisika pun pasti akan keteteran.


*Lihat kerjaan gua, gak ada yang bener kan


Kimia gua juga pas-pasan, dari semua unsur-unsur yang ada, yang bener-bener gua hapal ama gua inget cuma unsur CO2 ama O2 doang, tragis emang. Menurut gua pelajaran kimia itu susah susah gampang gampang gampanng susah, dari 7 kali ulangan kimia, 5 diantaranya remedial, sisanya pas KKM. Guru kimia yang ngajarin gua juga terkenal cukup killer, tapi ngajarnya cukup bagus, setiap kali dia ngajar setiap kali itu juga gua bisa nyerap apa yang dia ajarin. Tapi sayangnya itu gak berlangsung lama, gua akan langsung lupa apa yang dia ajarin ke gua apabila bel istirahat sudah berkumandang.


*Haruskah gua untuk menghapal unsur sebanyak ini ?


Sama halnya kaya matematika, fisika dan kimia. Biologi gua juga anjlok total, menurut gua orang yang jago biologi tuh pasti memori ingatan di otaknya itu besar banget, gimana gak besar coba, biologi tuh pelajaran yang mewajibkan siswanya untuk menghapal kata demi kata, kalo otak gak sanggup buat menghapal jangan harap bisa pinter biologi. Dalam masalah hapal menghapal sih gua gak jelek-jelek amat, ingatan gua masih lumayan bagus. Selama 7 tahun belajar biologi, istilah yang paling bener-bener gua inget di luar kepala sampe sekarang cuma satu ‘fotosintesis’ doang, yang lainya pura-pura inget. Gua juga kadang suka ngeluh sendiri ama pelajaran biologi, gua ngeluh karna banyak bahasa-bahasa atau istilah-istilah baru yang sangat sulit gua mengerti sangat sulit untuk di hapal, dari bab ke bab pasti selalu muncul istilah-istilah atau bahasa-bahasa baru yang gua gak ngerti apa artinya, bab sebelumnya aja gua belum paham, gimana gua mau lanjut ke bab selanjutnya. Guru biologi yang ngajar gua juga sedikit agak alay, setiap kali dia ngasih soal pilihan ganda dia pasti mengharuskan agar membuat serta alasanya, alasan mengapa menjawab opsi tersebut. Jujur ini ngebuat gua bete abis.


*Lihat bahasa-bahasa biologi mirip bahasa dari planet Neptunus




*Demi cinta gua terhadap Science, gua rela beli Sweeter yang berlogo Science, dan ini TERBATAS !!

Jadi anak ipa tuh emang mesti bener-bener kuat, tahan banting, butuh skill ganda, jangan gampang menyerah atau putus asa, jangan gampang ngeluh dengan keadaan, jalani semuanya dengan hati.

Kalo bisa dibilang tuh anak ipa harus menjadi panutan bagi anak-anak ips, karna notabenya anak ipa cenderung memiliki intelektual yang lebih bagus daripada anak ips.

Jadi semuanya balik lagi ke dalam diri kita sendiri, kalo diri kita kepingin sukses, kita harus rela bersusah-susah dulu sebelum menikmati hasilnya nanti. Jadi pantun yang bunyinya ‘berakit-rakit dahulu berenang-renang kemudian, bersakit-sakit dahulu ke rumah sakit kemudian’ tuh emang benar banget. Kita sebagai pelajar yang ingin bener-bener sukses tuh harus berjuang keras dahulu, berjuang di waktu muda, jangan sebaliknya. Bersantai santai di waktu muda lalu bekerja keras di waktu tua, itu sama aja kaya bunuh diri. Gak ada gunanya bekerja keras di waktu tua, yang ada malah kita nyiksa diri kita sendiri.

Intinya kalo kita bener-bener jadi orang yang sukses, jadi orang yang berhasil, kita harus menjadi orang yang ‘lebih’ dari orang lain, bukan menjadi orang-orang yang biasa-biasa aja, melainkan menjadi orang yang luar biasa.

Sikap mandiri dan pekerja keras harus kita tanamkan sejak dini, agar pada saat masih muda kita terbiasa menjadi orang yang pekerja keras dan pantang menyerah.

Yang pada tujuan akhirnya adalah dimana pada saati kita menginjak usia tua, usia yang sudah senja, kita bisa menikmati atau merasakan apa yang kita perjuangkan apa yang sudah kita kerjakan apa yang sudah kita bangun di waktu masa muda kita. Dan setelah tua nanti, setelah kita sukses nanti, kita bisa mengajari anak kita cara hidup yang bekerja keras, kita bisa mengajari anak kita dengan apa yang sudah kita pelajari dulu di waktu muda, kita bisa menanamkan prinsip pantang menyerah, dan selalu rendah hati, agar anak kita juga bisa menikmati apa yang dia kerjakan di waktu mudanya nanti. Begitulah seterusnya, kita mengajari anak kita, dan anak kita mengajari anaknya, dan anaknya mengajari anaknya lagi, seperti semacam tradisi yang wajib di lakukan secara turun temurun. Niscaya bangsa kita akan menjadi bangsa yang maju.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar