Itu bukan Angkot !!!

Jarum panjang sudah mulai bergerak ke angka 8 a.m, kicauan burung sudah semakin jelas terdengar riuh saling bersahut-sahutan, hawa pagi ketika itu sedang sejuk-sejuknya, ditambah lagi kenikmatan dari kasur yang super empuk membuat luna semakin tak rela untuk meninggalkan semua kenyamanan yang ada. Luna memang sedang beruntung, hari kamis ini, banyak dosen-dosen yang tidak datang mengajar di kelas luna. Itu membuat luna memutuskan untuk tidak berangkat kuliah hari ini. Dengan sekali gerakan luna membuka matanya dan merenggangkan badannya.

‘ah masih jam segini kok’ luna melihat jam yang ada tepat di depan matanya lalu memutuskan untuk kembali tidur.

Tiiiitttiiitttt tttiitttiiitttt…. Tttiitttiiittt ttiitttiittt….

Nada dering ponsel luna berbunyi pertanda ada telepon masuk.

‘ah ini siapa sih nelpon-nelpon, enggak tau orang lagi enak apa ya’ kesal luna dalam hati sembari mengangkat telepon yang masuk.

‘halllo’ sapa luna singkat.

‘hallo lun, ini gua wanda, sorry ya gua ganti nomor, soalnya nomor gua yang lama masa aktifnya udah habis gara-gara jarang gua isi pulsa’ kata wanda mengawali pembicaraan diantara mereka.

Luna mengernyitkan alisnya.

‘yeh harusnya lu minta maaf gara-gara udah ngeganggu orang tidur pagi-pagi gini, bukan karena lu ganti nomor’ sahut luna agak kesal.

‘emmmm iya sama itu deh, haha. Eh iya lu ke kampus gak ? main ke rumah gua yuk, gua bete nih enggak ada temen’ ajak wanda.

‘enggak kok. lu gak ke kampus juga ?’ Tanya luna.

‘kalo gua ke kampus gua enggak bakal nelpon sama gangguin lu pagi-pagi gini neng !’ jelas wanda sambil memelintir rambutnya yang lurus.

‘ohiya, emmm okedeh, gua mandi dulu tapi ya’

‘oke’ wanda mengakhiri pembicaraan sambil menekan tombol merah di hpnya.

Luna pun beranjak dari kasur sambil melangkahkan kaki ke kamar mandi meninggalkan tempat tidur. Sesudah mandi luna tidak lupa sarapan terlebih dahulu dirumahnya, guna mengisi perut yang sedari tadi bercuap-cuap.

Untuk ke rumah wanda dibutuhkan waktu yang lumayan agak lama, luna harus menaiki ojek terlebih dahulu lalu disambung dengan menaiki angkot untuk bisa sampai ke rumah wanda. Didalam angkot, luna duduk di depan pintu keluar.

‘neng, ini mobilnya arah ke pasar minggu kan ya ?’ Tanya ibu-ibu yang berada disebelah kiri luna.

‘ohiya bener bu’ jawab luna singkat.

Diperjalanan, luna lebih sering melihat-lihat ke arah luar sambil sesekali menggerutu ketika ada pengendara sepeda motor yang hendak menerobos ataupun menyalip angkot yang luna tumpangi. Dan sampailah luna di depan rumah wanda.

Tengggg toongggggg..toonggg... Teeenggggggg…. !! luna memencet bel yang ada di pintu rumah wanda.

Belum ada respon.

Toonnngggg teenngggg… teenggg tooonggggg….. !! untuk yang ke-2 kalinya luna menekan tombol bel yang bewarna merah itu.

Masih belum ada respon. Luna kesal.

Tengg terengg tong tengg tereeeng tonggg teng terreng toong tenggg....!!!

‘iyaiya sebentar’ teriak orang yang ada didalam rumah.

‘ayo masuk, sorry ya gua baru selesai mandi nih’ kata wanda sambil membuka pintu.

‘emmm pantesan, okedeh’. Luna melangkah mengikuti wanda.

‘lu mau makan dulu gak nih ? ibu gua masak ayam kecap nih tadi’ tawar wanda sambil tangannya yang memegang handuk mengelap kepalanya yang masih basah.

‘enggak deh makasih ye, gua tadi dari rumah udah makan dulu kok, jadi masih kenyang gitu’ tolak luna sambil menghempaskan badannya ke sofa.

‘ohh okedeh, eh bentar ya gua ke kamar dulu’ kata wanda.

3 menit berselang.

‘lun, jadi kita mau ngapain nih ? ada ide gak ?’ wanda datang menghampiri luna lalu duduk di depannya.

Luna terdiam sejenak.

‘gimana kalo kita nonton aja yuk ?’ luna memecah keheningan sambil memberi saran.

‘boleh juga tuh, tapi yang enak nonton apa ya ?’ tanya wanda.

Luna terdiam lagi.

‘kita nonton horror aja yuk, kayanya seru tuh’ jawab luna.

horror ? yang judul filmnya apa ?’ Tanya wanda belum puas.

Lagi-lagi luna terdiam.

pocong mandi goyang pinggul ?’ usul luna.

Wanda terdiam. Wajahnya tampak dipenuhi kebingungan.

‘emang ada ya pocong kaya gitu ? kenapa gak sekalian aja pocongnya tari saman atau gak shuffle gitu ?’ Tanya wanda sambil menggaruk-garuk kepalanya yang tidak gatal.

‘yehh mana gua tau, emang gua pemerannya apa’ sahut luna sambil tertawa ringan.

‘haha ya lagian judulnya aneh-aneh gitu, btw boleh juga sih, yaudah nonton itu aja yuk’ kata wanda sambil sesekali tertawa kecil.

‘bener nih lu mau ?’ luna meyakinkan.

‘iya mau, lumayanlah buat ngisi waktu luang, yaudah yuk jalan’ sahut wanda sambil melangkahkan kaki menuju pintu keluar yang dikuti oleh luna dari belakang.

Setibanya di bioskop, luna langsung membeli tiket dan memilih tempat duduk. Dan ketika itu resmilah mereka menonton film pocong mandi goyang pinggul. Di dalam bioskop terlihat luna dan wanda sangat menikmati filmnya. Sesekali dari mulut mereka keluar tawa kecil yang cukup untuk membuat orang yang ada disamping mereka melirik ke arah mereka berdua.

‘hehh ketawa lu jangan kenceng-kenceng lun, malu ah diliatin orang’ wanda memperingatkan luna sambil matanya masih tertuju pada layar bioskop.

‘haha iyaiya, abisnya gua gak tahan sih, pocongnya lucu, imut’ jawab luna sambil tersenyum ringan.

Singkatnya, film pocong mandi goyang pinggul pun sudah selesai. Tampak luna dan wanda bersiap-siap untuk meninggalkan ruang theater.

‘ih pokoknya film pocong mandi goyang dumang top banget deh ya’ kata luna sambil kakinya mulai melangkah.

goyang pinggul lun’ wanda membenarkan.

‘iya itu maksud gua’ kata luna.

‘kita makan dulu yuk lun’ kata wanda sembari berjalan meninggalkan ruang theater.

‘okedeh, gua mah ngikut aja sih’ jawab luna kalem.

Setelah makan pun luna dan wanda tidak langsung pulang, mereka mampir terlebih dahulu ke tempat pakaian yang mereka suka.

‘eh liat deh yang ini lun, bagus gak bajunya ? cocok gak ya kira-kira sama gua ?’ wanda meminta saran.

‘uhh menurut gua sih bajunya gak cocok sama lu, warna kulit lu gak nyambung sama bajunya, terus juga terlalu banyak pernak-pernik sama warna, elu kalo make itu kelihatan lebih kaya badut yang lagi mau karokean’ saran luna.

Wanda terdiam sambil kembali mengamati bajunya.

‘emmm gitu ya, bener juga sih’ kata wanda.

Wanda berjalan 2 langkah lalu mengambil lagi 1 baju yang menurutnya menarik.

‘kalo yang ini gimana ? pas enggak buat gua ?’ wanda kembali meminta saran.

‘uhh. Lu mau ke acara sunatan siapa pake baju kaya gitu ? terlalu formal, kelihatan kaya omah-omah kalo lu make itu’.

Wanda kembali terdiam.

‘ya kalo gitu cariin lah yang pas buat gua’ pinta wanda.

Luna berjalan sebentar, mencoba menemukan baju yang cocok buat temannya itu.

‘nahh ini cocok nih, gak norak, simple tapi tetep kelihatan anggun, ada gambar mahabrata-nya juga’ kata luna memberikan baju pilihannya.

‘wah ini oke juga nih, okedeh gua ambil yang ini deh, thanks ya lun’ kata wanda.

‘yap’ jawab luna singkat.

Sudah hampir 2 jam luna dan wanda menghabiskan waktunya untuk berbelanja pakaian ataupun yang lainnya.

‘udah yuk wan, balik ke rumah lu aja lagi, gua udah capek nih’ ajak luna.

‘emmm okedeh ayuk, gua juga udah capek sih’. timpal wanda sembari membetulkan sepatunya yang hampir lepas.

Singkat kata. Luna dan wanda pun sudah kembali tiba di rumah wanda.

‘nih lun minum dulu’. Wanda menyerahkan segelas sirup kepada luna.

‘thanks ye’ sahut luna sambil meneguk minumannya.

‘eh btw ini orang rumah pada kemana ?’ Tanya luna.

‘iya semuanya pada ke rumah saudara gitu, paling pulangnya besok’ sahut wanda.

‘ohh gitu, pantesan sepi’

‘iya emang disini sering sepi sih, orang rumah sering banget pergi-pergi, makanya gua sering sendirian disini’ jelas wanda.

‘emang lu gak takut apa di rumah sendiran gitu ? mana rumah lu dibelakangnya ada kebon sama pohon jamblang lagi’ kata luna sambil merenggangkan badannya yang pegal.

‘ya takut sih pasti ada ya, tapi ya mau gimana lagi, namanya rumah sendiri, gua juga udah terbiasa sih’ sahut wanda sambil mengupas apel yang diambilnya dari kulkas.

‘tapi lu pernah gak sih ngalamin hal-hal yang aneh gitu, misalkan kaya ngeliat hantu gitu disini ?’ Tanya luna mulai serius.

Wanda memakan apelnya.

‘ya pasti pernah lah ya’ jawab wanda simple.

‘ceritain dong’ pinta luna sambil mendekatkan diri ke wanda.

‘yakin nih mau di ceritain ? ntar lu takut lagi haha’ ejek wanda sambil kembali memakan apel yang ada ditangannya.

‘ehiya lu mau apel gak ? ambil aja di kulkas’ sambung wanda.

‘enggak ah makasih, haha gua gak takutlah, yaudah makanya ceritain dong cepet’ luna tidak sabar menunggu cerita dari wanda.

‘oh okedeh gua ceritain nih ya. Ya gitu deh pokoknya, gua pernah ngalamin kejadian-kejadian aneh. Jadi waktu itu kan temen gua ketabrak mobil tuh, korban tabrak lari gitu. Nah waktu itu nyokap gua ngejenguk dia ke rumah sakit jam 9 malem, waktu itu kebetulan gua lagi ada tugas kampus gitu terus ngerjain di rumah temen, jadi gua enggak sempet ngejenguk waktu itu, dan gua baru sampe rumah jam 10 malem, gua pengen samper ke rumah sakit tapi udah kemaleman, rencananya gua pengen ngejenguknya besok.’ Wanda berhenti sambil meminum air putih.

‘terus ?’ luna menantikan kelanjutannya.

‘nah waktu itu gua udah mau tidur tuh, nyokap gua masih di rumah sakit, dan gua masih inget waktu itu jam 11 malem. Handphone gua bunyi, ada sms dari nyokap isinya “wanda temen kamu susan udah enggak ketolong lagi, dia udah meninggal, bantu doa ya”. Pas gua baca sms itu gua langsung kaget dan shock banget, tangan gua langsung gemeteran, gua enggak nyangka aja sama nyesel kenapa gua enggak ke rumah sakit saat itu. Gua cuma bisa doa yang terbaik aja buat dia.’

‘uh kesian juga ya temen lu itu’ potong luna.

‘iya. Dan asal lu tau malam itu gua enggak bisa tidur, gua coba meremin mata tapi tetep aja enggak bisa tidur, bayang-bayang rasa penyesalan sama ketakutan perlahan datang ke pikiran gua. Dan tiba-tiba gua dikagetin sama suara ketokan di jendela kamar gua, enggak terlalu kenceng tapi cukup ngebuat gua kaget saat itu.

Awalnya gua enggak mau ngebuka gorden, tapi ketokannya enggak berhenti-berhenti, ya mau gak mau gua harus buka gordennya. Pas gua buka, gua kaget demi apapun setengah mati. Ada susan yang mukannya udah setengah hancur berdiri di luar jendela rumah gua pake pakaian rumah sakit sambil megangin perutnya yang kesakitan, terus gua denger dia ngomong “wanda pinggang gua sakit, gua boleh numpang di rumah lu bentar gak ? atau enggak anterin gua berobat wan, ayo wan anterin” dia ngomong gitu sambil mendekat ke arah jendela kamar gua.

Demi apapun gua langsung lari ke luar kamar sambil teriak sekenceng-kencengnya sambil nyalain tv dan lampu, gua juga langsung buru-buru nelpon nyokap gua untuk nyuruh cepat pulang, dan untungnya nyokap gua juga emang lagi di jalan pulang, udah deket rumah. Gua cuma bisa nunggu sambil gelisah, hati gua enggak tenang banget saat itu. Enggak sampe 15 menit akhirnya nyokap gua pulang, gua langsung peluk dia sambil gua ceritain semuanya, dan nyokap gua bilang harus banyak-banyak berdoa aja buat susan biar dia tenang disana’. Cerita wanda.

Luna terdiam beberapa detik.

‘ih demi apapun itu serem banget, gua ngebayangin kalo gua ada di posisi lu mungkin gua bakal mati ketakutan kali’ kata luna sambil mengganti posisi duduknya.

‘iyaitu juga pengalaman pertama gua ngeliat gitu-gituan sih’ tambah wanda.

‘terus ada lagi ?’ luna penasaran.

Wanda terdiam, berusaha mengingat apa yang dulu pernah dia alami.

‘iya. Waktu itu hari jum’at jam 1 malem gua tiba-tiba kebangun dari tempat tidur, gua pergi ke dapur sebentar mau minum gitu kan. Gua udah selesai minum, mau jalan ke kamar, tiba-tiba gua denger suara cewek dari arah pohon jamblang rumah gua lagi nyanyi bengawan solo gitu. Langsung aja gua lari ke kamar buru-buru tidur sambil nutup diri pake selimut. Pas pagi-paginya gua ceritain sama orang rumah, terus kata nyokap gua “itu gakpapa, dia enggak bakal ganggu kok, yang penting kamu doa aja terus”. Yaudah gua cuma bisa nurut aja, dan lama-lama gua udah mulai terbiasa sih’ cerita wanda lagi.

‘ohiya ini ada lagi, jam 12 malem gua pernah ngeliat ada nenek-nenek lagi nyapu jalanan di depan rumah gua sambil gendong kucing, gua enggak pernah ngeliat itu nenek-nenek sebelumnya, pokoknya serem banget deh’ tambah wanda.

Luna menelan ludahnya.

‘kok daritadi cerita lu serem-serem banget ya, gua lebih serem ngedenger cerita lu deh daripada nonton film pocong mandi goyang bang jali tadi’ kata luna.

goyang pinggul lun’ wanda membenarkan.

‘ohiya maksud gua itu’ sahut luna sambil menggaruk-garuk kepalanya.

‘ya jangan lu samain lah haha, ya pokoknya gitu deh’ kata wanda.

Tak terasa jam sudah menunjukan pukul 11 malam. Luna dan wanda rupanya juga baru menyadari akan hal ini karena sangking serunya mereka bermain dan bercerita.

‘eh wan udah jam segini nih, kok enggak berasa ya udah malem aja, gua pulang sekarang aja deh’ kata luna sambil melihat jam dinding.

‘hah ? kok lu pulang sih ? lu enggak nginep aja gitu ?’ Tanya wanda setengah tidak percaya.

‘maunya sih gitu, tapi gua enggak dibolehin bokap nginep-nginep dirumah orang, ya mau gak mau gua harus pulang deh’ kata luna sambil membereskan barang-barangnya bersiap untuk pulang.

‘tapi ini udah malem lun, angkot juga udah jarang, tapi yaudah deh kalo lu beneran mau pulang’ kata wanda yang masih belum percaya bahwa luna akan pulang.

‘ya gapapa sih, pasti ada angkot kok, yaudah gua pulang dulu ya’ kata luna yang sudah berada di pintu luar rumah wanda.

‘oh gitu yaudah deh, bye ya, hati-hati ya lun, thanks ye udah mau main ke rumah gua, jangan bosen-bosen pokoknya’ kata wanda sambil melambaikan tangannya tanda perpisahan.

‘haha, okeoke, gua enggak bakal bosen kok, okedeh makasih ya wan, gua pulang dulu, bye’ kata luna sambil berjalan pergi meninggalkan rumah wanda.

Sambil berjalan kaki, luna teringat cerita wanda tadi, langkah kaki luna terlihat sangat hati-hati.

‘anjir. Kok gua jadi keinget cerita wanda sih, mana disini sepi lagi’ keluh luna sambil tetap berjalan. Dan langkah kaki luna pun terhenti untuk menunggu angkot yang akan dia tumpangi.

3 menit berlalu, angkot pun belum terlihat, jalanan cukup sepi.

5 menit berlalu, masih belum ada angkot yang muncul. Sampai sini luna mulai terlihat gelisah.

‘ah ini mana sih angkotnya, udah hampir 10 menit gua nunggu tapi belum dateng-dateng’ umpat luna dalam hati.

Luna hanya bisa berdiri sambil bergerak sesekali kekanan atau kekiri dan mencoba untuk tetap terlihat tenang.

5 menit berlalu, akhirnya ada satu angkot yang lewat. Raut wajah luna langsung berubah gembira saat melihat angkot yang ada.

‘yes, akhirnya dateng juga kan angkotnya’ batin luna.

Dan dengan satu gerakan luna melambaikan tangannya guna menyetop angkot yang hendak dia tumpangi. 

Angkot berhenti, luna pun naik. Di dalam angkot luna langsung merasa tenang dan lega. Tapi itu semua hanya berlangsung beberapa saat saja, karena setelah itu luna merasakan ada sedikit keganjilan yang luna rasakan.
Suhu didalam angkot pun tidak seperti biasanya, dingin mencekam. Tapi atas dasar nama positive thinking luna berpikir kalau itu mungkin karena keadaan sekarang yang sudah malam.

Luna juga memperhatikan penumpang-penumpang yang ada disektarnya, semuanya berjumlah 7orang. 3 orang pemuda, 1 orang ibu-ibu, 1 perempuan cabe-cabean, 1 orang kakek-kakek dan sisanya 1 orang nenek-nenek. Luna merasakan ada yang aneh dari mereka, wajah mereka semua terlihat pucat pasi, tatapan mereka kosong tanpa arah.

Sampai sini, pikiran luna mulai tidak tenang. Yang luna harapkan saat itu hanya untuk cepat-cepat sampai dan pulang ke rumah dengan selamat.

‘neng, mau kemana malem-malem gini ?’ kata kakek-kakek yang ada didalam angkot.

Sontak luna langsung kaget lalu berusaha untuk terlihat rileks.

‘emmm enggak kok kek, saya mau pulang aja’ luna gugup.

‘tapi ini udah malem, mending ikut ke tempat kakek aja yuk’ ajak kakek itu.

Luna double kaget.

‘ohh enggak kek, makasih ya, saya udah ditungguin papa ini’ sahut luna.

Lalu tidak ada jawaban lagi dari kakek itu.

Jantung luna berdetak lebih cepat. Rasa takutnya sudah sampai di ubun-ubun. Tidak ada jalan lain bagi luna kecuali hanya menunggu dan duduk tenang. 15 menit berlalu, dan akhirnya luna sudah dekat di tempat dimana dia akan turun.

‘kiri bang’ luna memberhentikan angkot.

Tapi angkot masih terus melaju.

‘kiriii bangggg !!!!’ kata luna setengah berteriak.

Angkot pun akhirnya berhenti, dan luna pun buru-buru turun. Setelah turun, luna pun akhirnya berjalan menuju pangkalan tukang ojek yang biasa dia tumpangi.

‘mbak luna tadi naik apa ?’ Tanya tukang ojek.

‘itu tadi saya naik angkot mas’ sahut luna sambil menaiki motor’

‘tapi tadi yang saya lihat mbak luna bukan naik angkot, tapi tadi mbak luna lagi ada di dalem keranda terus lagi digotong-gotong gitu’ tukang ojek menjelaskan.

Glek !!! luna mendadak terdiam.

‘lagian mana ada angkot lagi sih yang lewat daerah sini kalo udah malem begini’ sambung tukang ojek.

‘mas serius dong ? jangan bikin saya jadi merinding lagi’ kata luna sambil mengelus bagian belakang lehernya.’

‘tapi saya pernah denger kabar, enggak tau bener atau enggak, jadi tuh pernah ada angkot yang biasa melintas di daerah sini, terus angkotnya kecelakaan gitu, semua penumpang sama supirnya tewas ditempat’. Cerita tukang ojek sambil terus mengendarai motornya.

Luna hanya bisa terdiam mendengar semua cerita tukang ojek itu.

‘iya sih emang mas, pas di dalem angkot tadi banyak keganjilan yang saya liat dan saya rasain’ kata luna sambil ingatannya menerawang mengingat kembali apa yang sudah dia lalui waktu diangkot tadi.

‘ya kan, terus saya juga ngeliat mbak pas ada di dalem keranda tadi sempet berontak mau turun, tapi ditahan sama mereka yang gotong, sampai akhirnya mbak maksa buat turun’ kata tukang ojek sambil membelokkan motornya menuju gang rumahnya luna.

‘nah ! iya tadi saya sempet udah mau turun gitu, tapi angkotnya masih tetep jalan, sampai akhirnya saya kencengin suara saya dan angkotnya pun akhirnya berhenti’ cerita luna.

‘iya pokoknya ini jadi pelajaran sekaligus pengalaman gitu buat mbak, jangan sampai keulang lagi, dan inget, enggak ada angkot yang melintas lagi kalo udah diatas jam 11. Terus mbak kalo udah sampai rumah banyak-banyak berdoa aja’ saran tukang ojek ketika sudah sampai rumah luna.

‘iya makasih ya mas udah mau kasih tau, sekali lagi terima kasih mas’ kata luna sambil turun dari motor.

‘iya sama-sama mbak’ jawab tukang ojek sambil berlalu meninggalkan luna.

Luna pun masuk kedalam rumahnya dengan perasaan yang campur aduk. TAMAT.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar