Alay ? Anak Layangan ?


Hollaaa guys !! sorry ya udah lama blog yang kusam ini gak gue update lagi, maklum guys, pengelolanya terlalu sibuk dan gak sempet buat ngepost-ngepost lagi, gue tau kok pasti kalian semua pada rindu dan menunggu postingan-postingan gue selanjutnya kan, ya kan ? nah makanya, di kesempatan kali ini gue mau menuntaskan kerinduan kalian dengan postingan gue yang sekarang ini, oke dari pada kelamaan langsung aja, cekidot !

ALAY. Apa sih alay itu ? Dari mana kata alay berasal ? siapa pencipta pertama kali alay ini ? dari bahasa apakah kata alay ini ? kenapa kata alay ini sangat populer di kalangan remaja menginjak dewasa ?

Itu merupakan beberapa dari jutaan pertanyaan gue tentang fenomena alay di masyarakat Indonesia. Pertama kali gue tau kata alay itu tuh waktu gue kelas 2 Smp, dulu ada yang bilang kalo kepanjangan dari alay itu, anak layangan, terus ada lagi yang berpendapat kalo alay itu singkatan dari anak lebay, ada juga yang bilang anak doetlay (gendut alay), anak jablay dan berbagai macam anak lainnya.

Gue dulu belum tau apa-apa tentang fenomena alay tersebut, dan semakin gue dewasa, gue semakin mengikuti perkembangan jaman, sedikit demi sedikit lama-lama gue mulai mengerti tentang apa yang dimaksud dengan alay. Ternyata, hampir ¾ rakyat Indonesia ini mengidap penyakit kanker alay ini, dan mereka semua bertebaran di semua dunia, dunia nyata, dunia maya, bahkan sampai di dunia lain (re : masih dunia lain).

Dan kebanyakan, mereka semua lahir di dunia maya, mereka semua hidup di semua social media, semua social media hampir dikuasai oleh para alayers, alay lovers, alay holic dan para sahabat alay.

Social media merupakan tempat yang paling aman dan nyaman untuk para alayers melakukan kontak maupun percakapan oleh sesama jenisnya. Maraknya fenomena alay ini jujur sangat meresahkan ibu-ibu hamil dan om-om mabuk. Alay oleh sebagian kalangan disebut gaul dan oleh beberapa kalangan lainnya disebut kampungan.

Dan disini gue akan menuangkan inspirasi gue, gue akan mendeskripsikan alay menurut sudut pandang gue sendiri, semua penelitian gue dan semua yang gue tau tentang alay akan gue tuangkan disini. Oke daripada berlama-lama lagi langsung aja. Monggo !

~ 4nji3nCk !! She dO! Ud4H b4liKaN a6yy am4 m4ntanY@, 6ue p4tAh haTi niee3e(h. ini adalah alay stadium 68. Akan sangat sulit untuk mengobati seseorang yang mengidap penyakit alay seperti ini. Sekarang yang gue pertanyakan adalah, maksud dan tujuan orang nulis dengan gaya alphabet kaya gitu apa ? biar dibilang keren ? agar dibilang gaul ? sarap emang. Menurut gue orang-orang kaya gitu mungkin gak pernah sekolah kali ya, gak pernah belajar bahasa Indonesia, sekalinya ada pelajaran bahasa Indonesia mereka gak pernah mau masuk, sekalinya ada pelajaran bahasa Indonesia mereka ngantuk, makanya efeknya kaya gitu, ironis memang.

Mereka mungkin adalah orang-orang yang telat gaul pada jamannya. Iya, karna dari apa yang gue teliti, periode atau jaman keemasan alay dalam bentuk tulisan itu terjadi sekitar tahun 2008-2010. Kalau masih ada orang yang alay dalam bentuk tulisan di jaman sekarang ini, mungkin itu adalah manusia yang datang dari masa lalu.
 
*Butuh skill tinggi untuk membaca EYD ini dengan benar.

Gak mau munafik, dulu gue juga pernah terjangkit virus penyakit alay tulisan ini, tapi itu dulu dan gak separah contoh yang di atas, gue juga nge-alay pada jamannya. Jadi waktu itu gue nge-alay gak sendirian, gue nge-alay bersama hampir ¾ manusia di Indonesia. So ? no problem !

~ Foto dengan jari telunjuk di depan kamera atau dengan mulut tertutup dengan tangan. Di dekade 2008-2010 memang foto dengan gaya seperti ini masih dibilang wajar dan keren, bahkan sempat populer selama beberapa detik. Iya, foto dengan gaya seperti ini dulu memang populer dan di anggap gaul. Tapi sekarang ? foto dengan pose kaya gitu dianggap abnormal, di anggap alay dan di anggap tidak ber-prikepotoan.

Menurut gue orang-orang yang masih berpose kaya gitu saat di foto di jaman sekarang merupakan orang-orang yang haus akan pose atau kita sebut aja ‘masa alay kurang bahagia’. Jadi kesannya orang-orang yang berpose kaya gitu jadi lebih mirip manusia setengah banteng yang lagi mengidap kanker flu burung. Aneh banget.

Apa coba yang perlu di banggakan dari berpose seperti itu ? kalau mereka pikir itu gaya keren atau gaul, kok gue gak pernah ngeliat top model berpose seperti itu ? jadi buat anda manusia-manusia yang masih melakukan kebiasaan berfoto seperti itu, mulailah tinggalkan kebiasaan buruk itu dari sekarang, sebelum terlambat. Efeknya bisa sangat kuat jika anda masih mempunyai kebiasaan berpose seperti itu.

 
*5 orang pemenang kontes model majalah sampul

Contoh nya saja, anda bisa di jauhkan dari masyarakat, anda pasti di benci dan di tinggalkan oleh teman-teman anda, anda pasti akan jarang di perhatikan oleh keluarga, jika anda sedang melamar pekerjaan, 98 % anda akan ditolak, dan jika anda mempunyai pekerjaan, hati-hati, 97% anda akan di phk, dan yang terakhir duit di dompet anda tiap 2 jam akan berkurang 500 perak, sadis memang, tapi begitulah kenyataannya. Maka dari itu hentikan sedari dini agar tidak terbawa sampai kakek-nenek. Bisa berbahaya sekali jika kebiasaan itu terbawa hingga kakek-nenek.

~ Nama akun yang seperti nama dari planet saturnus. Ex : BogelScreamoZombieFvkingLoveDeathMetalTralalaTrilili. Gue pernah nemuin nama akun kayak gitu di fb. Gue bingung setengah mampus. Itu akun siapa ? akun zombie dari mars ? atau itu fbnya alien yang berpura-pura menyamar jadi manusia bernama bogel yang misinya adalah memata-matai para fb users ? satu kalimat buat yang punya nama akun kaya gitu. Go to hell cok !

*Kesimpulan dari akun ini, sudah 5 tahun bocah ini SARAP !

Maksudnya apa coba bikin nama akun kaya gitu, biar dibilang metal ? biar dibilang satu spesies dengan zombie ? persetan lah ! gue gak bisa ngebayangin temen-temennya dia kalo mau ngeadd dia, mesti nyari kata per kata, huruf per huruf, kalo ada yang miss, gak bakal ketemu. Kesian. Ada lagi nama akun yang lebih aneh dari itu.

Ex : Namanyabogelajagakusahpanjangpanjangkesiannatiyangnyarigakketemu. Gue langsung exit pas ngeliat nama akun kaya gitu di beranda gue.

Gue mikir, mungkin orang yang kasih nama akun kaya gitu lagi terkena penyakit kanker idiot stadium 9 yang 2 hari lagi mau meninggal, sarap abis.

~ Gampang ditemukan atau diketahui si alayers ini dimana. Iya benar, alay dalam persepsi gue disini yaitu alay yang always update status ataupun ngetweet dimanapun dia berada, setiap dia pindah lokasi, update ! setiap dia pindah tempat, ngetweet !

Contoh simplenya gini, misalkan si alayers ini lagi mau pergi ke solo. Dia dengan penuh ketidakmaluan langsung ngetweet ‘otw solo with my father and my mother and my sister and my brother’ setelah si alayers itu sudah sampai di tempat tujuan, dia langsung ngetweet lagi ‘akhirnya nyampe juga dengan selamat di solo with my father and my mother and my sister and my brother’ pas dia udah di solo terus dia mau pergi ke warung buat jajan permen karet, dia langsung ngetweet lagi ‘otw warung solo’ terus dari warung solo dia mau pergi ke tukang bakso yang jaraknya hanya selangkah dari warung itu, dia ngetweet lagi ‘otw bakso solo’ terus dari tukang bakso dia mau duduk di bangku yang jaraknya hanya 2 jengkal jari tangan, dia ngetweet lagi ‘otw 2 jengkal jari tangan ke bangku bakso solo’ begitulah seterusnya sampai kiamat.
 
*Dia mau pergi ke Solo :'

Tipe-tipe alayers seperti itu sangat mudah sekali untuk ditemukan dan dilacak keberadaanya. Secara tidak langsung si alayers ini memancing kasus-kasus penjahatan. Iya secara tidak langsung dia memberitahu informasi tentang keberadaan dirinya kepada semua orang, termasuk kepada penjahat, nah si penjahat tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari tahu apakah dirumah targetnya itu  sedang ada orang atau tidak, penjahat cukup melacaknya dengan melalui jejaring social. Bila si alayers itu ngetweet ‘otw solo with my family’ si penjahat otomatis langsung menyusup ke rumah alayers itu dengan nyaman dan tentram serta tanpa hambatan yang berarti, sang penjahat cukup bermodal akun twitter yang followernya 21 dan followingnya 2089. Alhasil hanya karna si korban itu alay dan idiot, rumah si korban raib beserta isinya. Kesian.

~ Penyakit cadel tingkat dewa. Pasti lu semua bingung kan, iya gue juga bingung. Yang dimaksud cadel disini bukan cadel karna gak bisa ngomong errr, bukan. Cadel dalam konteks ini yaitu orang yang ngomongnya cadel, kaya banteng lagi keselek cireng. Gua kasih contoh yang paling familiar. Demi apa -> miapa, serius -> ciyus, beneran -> enelan, sakit -> atid, berengsek -> eek.
 
*Percakapan yang trendy dan dinamis

Itu merupakan beberapa sampel dari ribuan populasi kata yang di cadelin oleh si alayers ini. Ini merupakan penyakit yang sangat langka, belum di temukan obatnya, kemungkinan yang akan menderita penyakit ini hanya ‘alayers’ ‘para pecinta alay’ ‘sahabat alay’ ‘alay holic’ ‘para pemuja alay’ ‘alay maniak’ penyakit jenis ini merupakan penyakit turunan dan gampang menular.

~ Selalu mengikuti trend yang gak jelas asal-usulnya. Contoh klasiknya gini : Selow -> woles. Itu contoh yang paling simplenya sih, sebenernya masih banyak lagi, tapi gue gak tau, maklum, gue bukan ‘para pemuja alay’. Iya, sampai sangking banyaknya orang yang ngebalik kata selow jadi woles, kata woles semakin mendunia, kata woles menjadi trend tersendiri di kalangan alayers ini. Hampir 2/3 masyarakat pribumi di Indonesia terjebak di trend woles ini. Sampe-sampe kata woles sendiri sudah mulai di gunakan di percakapan sehari-hari. Contoh. Percakapan 1 (bogel & doyok)

‘gel, gimana ni gel, Sd kita mau diserang sama Stm mekar indah, gimana nih ? kata bogel setengah teriak.
Bogel yang terjebak dalam lingkaran woles ini langsung menanggapi.
‘woooolllesss aja napa wwwooollleesssssss, bapa gue kan sopir angkot tuh suka ngetem di lampu merah, nah temennya bapa gue kan jualan kartu remi, nah temennya temen bapa gue kan tukang ojek terus temennya temennya temen bapa gue kan security mall tuh, nahhh !!! kita ngadu aja ke temennya temennya temen bapa gue tuh, dia kan security, bajunya kan hampir sama kaya polisi. Iya, kita ngadu ke dia, biar Sd kita dilindungi dari Stm keparat itu, beres kan.’ Kata bogel simple.
Itu contoh pertama dari percakapan woles.

Contoh percakapan 2 (bogel & doyok)
‘gel, pas pelajaran bu diah gue mau ijin ke toilet nih, mau eek, temenin gue ya, dari kemaren gue udah nahan-nahan, udah di ujung tanduk nih, tapi gue takut buat ijinnya sama bu diah, dia kan guru killer’ kata doyok memelas
Dengan penuh inisiatip bogel langsung menanggapi
‘wwwoooollllessss ngapaaaaa woooolllleesssssss !!! selama ada gue mah wollesssssss aja !! bu diah pasti ngijinin kok, sekiller-killernya dia, dia gak mungkin gak ngijinin, emang dia mau ngeliat di kelas ada lumpur lapindo cair berserakan di lantai ? pasti di ijinin lah, makanya elu woooollllesss aja woleeeeessssss !’ sahut bogel memberi saran.
Itu contoh percakapan busuk yang kedua dari trend woles ini.

 
*MANTAP !!

~ Abg labil. Iya, banyak banget gue temuin kasus-kasus kayak gini, kasusnya simple sih, tapi bikin gondok. Contoh klasiknya gini pas lagi di twitter maupun facebook. Si alayers itu ngetweet ‘exit ah, mau bobo duyu, bye tweeps. Night’ setelah itu apa yang terjadi ? YAP ! 6 menit setelah si alayers itu ngetweet tadi, dia dengan polosnya langsung ngetweet lagi ‘aduhh laperr nihh’ astagaaa -_-

Bilangnya exit, tapi tau-taunya muncul lagi, labil sumpah. Gue rasa sih kalian-kalian pernah juga ngeliat contoh kasus yang kayak gini, atau mungkin salah satu dari kalian pernah melakukan tindakan seperti ini. Itu merupakan tindakan abnormal menurut gue yang gak ada pantes-pantesnya buat ditiru.

~ Always update. Ternyata gak cuma facebook, di twitter juga sudah muncul alayers-alayers seperti ini. Setiap kegiatan aktivitasnya selalu dia ngetweet. Contoh, misalkan dia lagi laper, dia langsung ngetweet ‘laper nih’, kalo dia ngantuk, dia juga langsung ngetweet ‘ngantuk nih’, kalo dia pengen buang air besar, dia juga langsung update ‘berak nih, mau ?’

Yap itulah contoh beberapa karakteristik seorang alayers menurut sudut pandang gue, sebenernya masih ada 68 lagi, tapi berhubung guenya juga udah ngantuk, udah jam 1 malam, jadi ya segini aja dulu

Tapi disini intinya sekelompok masyarakat alayers mesti kita bakar dan musnahkan, bagaimanapun caranya, meskipun agak mustahil. Jangan sampai makin kesini ‘paara sahabat alay’ semakin banyak dan mungkin di suatu zaman, bisa jadi lama-lama masyarakat di bumi ini merupakan sekumpulan dari ‘para sahabat alay’ tersebut, jangan sampai. Kita harus berperang melawan pembodohan itu ! oke segini dulu postingan kali ini. Salam ciyus !

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar