When The rain Became Unforgettable Memories


Hujan itu adalah berkah yang tiada tara, hujan itu adalah anugerah yang diberikan Tuhan dan sepatutnya harus disyukuri, salah satu orang yang mensyukuri akan datangnya hujan  yaitu gua sendiri, ternyata masih ada orang ganteng yang mensyukuri akan datangnya hujan.

Gua sangat mensyukuri akan datangnya hujan, setiap kali hujan datang setiap kali itu juga perasaan hati gua senang benderang. Menurut sudut pandang yang selalu gua pandangi, datangnya hujan  itu adalah anugerah, bukan karna gua merupakan orang yang selalu cepat galau ketika hujan datang, bukan. Gua selalu senang ketika hujan mengguyur.
Tapi menurut sudut pandang kebanyakan orang yang lainya, datangnya hujan itu disamakan dengan datangnya suatu bencana, banyak orang yang tidak menginginkan akan datangnya hujan, tapi disini menurut gua, hujan itu sangat berpengaruh pada pertumbuhan bumi kita (cadas). Coba bayangin kalo di bumi ini tidak akan pernah turun hujan sama sekali, pasti semua tumbuh-tumbuhan akan mati, semua petani-petani akan gagal panen, semua boyband-girlband dan acara gosip di Indonesia akan musnah (amin), dan dampaknya pun akan sangat terasa ke kitanya sendiri, kita akan sangat sulit untuk mendapatkan makanan bahkan nyaris sama sekali tidak akan memperoleh makanan, kita tidak akan bisa menanam tumbuh-tumbuhan, dunia ini akan terasa jauh lebih panas dari sebelumnya karena tidak disuguhi akan datangnya hujan, yang biasanya suhu normal Jakarta bila masih sering diguyur hujan bisa mencapai angka 90oC (di siang hari), nah kalo misalkan tidak diguyur hujan sama sekali akan menyentuh angka 870oC (di siang bolong), miris memang, tapi begitulah kenyataanya.

Dari contoh diatas saja kita bisa melihat bahwa hujan itu sangat berpengaruh pada system ekosistem dan evolusi di bumi ini (sok ilmiah).

Dulu waktu gua kelas 3 sd, setiap sabtu sore kalau hujan turun gua pasti selalu mandi hujan, menurut gua mandi hujan adalah hal yang menyenangkan yang wajib dilakukan dengan teman kantor, teman-teman jalanan maupun sahabat di kala senja, biasanya kalo gua mandi hujan, gua hanya mengenakan kaos dalem dan gak pake celana (biar lebih bebas maksudnya) kalo mandi hujan gua juga enggak pernah make sandal alias bahasa latinya nyeker, jadi fashion gua saat mandi hujan yaitu ‘muka kumel + dekil + kaos dalem + gak pake celana + nyeker + nekat.


*Lihat betapa bahagianya mereka :) (untuk sekedar intermezo, itu bukan gua ! sekali lagi bukan !!)

Mandi hujan itu seru, asik, gokil dan ngangenin. Kenapa gua bilang ngangenin ? karna sekarang gua udah jarang banget sama yang namanya mandi hujan.

Dulu di daerah rumah gua, semua musim permainan pernah muncul, yang namanya musim gundu, gangsing, tamiya, beyblade, layangan, tajos, gambaran dll pernah gua mainin, dan semua itu lebih enak kalo di mainin bareng temen-temen di kala hujan, itu seru abis. Walaupun setiap kali gua mandi hujan setiap kali itu juga badan gua langsung meriang dan demam, tapi anehnya gua gak pernah kapok buat mandi hujan, adrenalin gua saat itu merasa terpacu dan tertantang.

Orang tua gua juga pasti selalu marah-marah setiap kali gua mandi hujan, kata mereka mandi hujan itu gak baik, mandi hujan itu cari penyakit dan blalalala… tapi karna dasarnya otak gua yang kaya batu gua gak menghiraukan kata-kata orang tua gua, gua malah semakin menjadi-jadi, setiap sabtu sore kalau hujan datang gua hampir gak pernah absen dari mandi hujan, kalau gua udah mandi hujan sama temen-temen gua, dunia seakan milik gua seorang, kebahagiaan yang gua dapet enggak akan bisa kebeli, ada kesenangan tersendiri dalam diri gua saat gua mandi hujan.

Dulu gua pernah ngalamin kejadian menyeramkan yang berhubungan dengan mandi hujan, kejadian itu hampir ngebuat gua vakum se-umur hidup dari yang namanya mandi hujan, kejadian itu hampir ngebuat gua trauma akan datangnya hujan, dan gua gak akan lupa sama kejadian yang hampir ngebuat gua gak bisa ngeposting tulisan gua sekarang ini, kejadian itu akan selalu tersimpan manis di memori alam bawah sadar gua. 

Jadi tuh kejadianya kaya gini. Dulu waktu gua menginjak kelas 4 sd, waktu jambul gua masih ada, gua lagi asik-asiknya main bola di lapangan lumpur, kenapa namanya lapangan lumpur ? iya, karna lapanganya berlumpur (singkat jelas dan tidak bertele-tele). Pas gua lagi seru-serunya main bola, langit tiba-tiba mendadak mendung, awan berubah menjadi gelap, burung camar keluar dari sarangnya, para jomblo keluar dari tempat persembunyianya (maklum, yang nulis juga jomblo), angin berhembus kencang, gua rasa ini mungkin pertanda akan turunya hujan, gua sempet seneng, terus gua ngeliat ke atas, gua ngeliat awanya dan awanya itu gelap-mendung. Permainan bola sempat terhenti kurang lebih 28 detik.

Temen gua yang namanya bogel alias ceppy alias karno alias dudung alias kiki alias achenk alias pikri, (sorry ya namanya agak ribet, emang kemauanya dia namanya kaya gitu, pas gua tanya kenapa dia mau namanya disamarin kaya gitu, jawabannya singkat ‘biar kaya mafia-mafia penyelundup ganja yang jadi buronan selama 40 tahun dan lagi dikejar-kejar sama polisi, keren. Gua ngebayangin kalo dia lagi UN, dia bakal bingung setengah mampus mau masukin nama yang mana di kolom pengisian nama di lembar jawabanya.) dia bilang katanya dia mau pulang, dia mau udahan main bolanya karna mau hujan dan dia takut karna ngedenger bunyi gluduk yang kenceng, maklum, dia orangnya agak sedikit penakut sekaligus lebay.

‘eh udahan yuk main bolanya, besok lagi aja, udah mau hujan nih, nanti sakit loh’ kata bogel alias ceppy alias karno alias dudung alias kiki alias achenk alias pikri.

Gua dan temen-temen gua yang memang terkenal keras kepala dan tengil berusaha memaksa dan merayu bogel agar tetap terus bermain bola.

‘yaelah gel, baru mendung kaya gini aja lu udah takut, udah nanti aja kita pulangnya, kita main bola lagi, takut banget lu’ sambung yogi temen gua yang berusaha menahan bogel agar tetap bermain bola

‘iya gel nanti aja pulangnya, baru hujan air aja lu udah takut, apalagi nanti kalo hujan pup, lu bakal kalang-kabut kali’ doyok gak mau kalah ngerayu bogel.

‘emang ada ya hujan pup ?’ kata bogel alias ceppy alias karno alias dudung alias kiki alias achenk alias pikri polos.

Hening…

‘ada kok nanti tahun 2987 di sebelah ufuk barat bangladesh’ kata doyok dengan penuh kesotoyan

Hening…

Gua yang ingin ikut berpartisipasi untuk merayu bogel agar tetap ikut bermain bola mulai mengeluarkan jurus rayuan maut.

‘udah nanti aja gel pulangnya, nanggung nih, paling hujanya sebentar doang kok, lagian juga kan lu belum mandi tuh, nah itung-itung sekalian lu mandi gratis deh deh gel, mandi hujan aja yok gapapa, sehat’ rayu gua.

Akhirnya bogel yang merasa ter-intimidasi dan kalah suara pun mengikuti ajakan gua dan teman-teman gua, dia tetap ikut melanjutkan bermain bola.

‘iya deh gua gak pulang, gua main bola lagi, tapi kalo nanti gua kesamber gluduk lu semua tanggung jawab ya ? nanti kalo gua mati kena gledek yang nyuci piring di rumah gua elu semua ya ? lu semua harus tanggung jawab nanti kalau gua kenapa-kenapa !’ kata bogel

Temen-temen gua diem, gua juga diem, kita semua diem-dieman, tuntutan bogel sangat tidak berpri-kehujanan. Dan dengan hebatnya teman-teman gua langsung meng-iyakan saja. Keren. Mereka semua memang orang-orang bertanggung jawab.

Gua dan teman-teman gua pun melanjutkan kembali bermain bolanya, CCTTTTAAAAARRRR !! bunyi gluduk membahana kencang sekali, gua kaget setengah mampus, jantung gua hampir keluar dari hidung, perasaan gua mulai gak enak. Si doyok nangis.

‘lu kenapa yok ?’ tanya gua pelan

‘emmm, gua panik’ ucap doyok

Gua yang sedari tadi juga udah mulai ikutan panik nanya ke doyok ‘lu panik kenapa emangnya ?’ tanya gua

Doyok diem sebentar, lalu dia mulai buka suara ‘gua panik sama kucing gua, kesian kucing gua, dia punya phobia besar sama gluduk, pasti sekarang dia kena serangan jantung deh gara-gara ngedenger gluduk segede gitu tadi’ kata doyok sedih.

Bodong gua langsung gemeter ngedenger cerita doyok, miris sekaligus aneh. Dengan penuh inisiatif gua lalu mulai menyemangatinya ‘tenang yok, dari berbagai mitos dan isu yang pernah gua denger, kucing punya 9 nyawa, termasuk jantung, jadi kalo 1 jantung kucing copot atau kena serangan jantung jangan khawatir, karna masih tersisa 8, oke, percayalah !’ kata gua sok tahu. Doyok yang tidak tahu apa-apa tentang jantung kucing langsung percaya aja sama apa yang gua bilang barusan, muka dia kembali bersemi dan bercahaya.

‘oh gitu ya’ kata dia kalem.

Gua hanya bisa ketawa-ketawa kecil dalam hati

Setelah terhenti beberapa menit permainan bola pun kembali dilanjutkan, si kudil lagi bawa bola, dengan ganas langsung gua tackle kakinya dari belakang, mungkin karna lapangannya yang licin dia langsung jatuh tersungkur, gua ketawa dalem hati.

‘anjrit lu ! bengkak tau kaki gua’ jerit kudil sambil megangin kakinya yang menurut dia bengkak.

‘hahaha lebay lu setan, masa gitu doang bengkak, lagian juga gua gak sengaja’ kata gua sambil ketawa-ketawa kecil.

Menurut gua bermain bola di kala hujan tuh seru banget, bener-bener seru, jarang-jarang gua bisa ngedapetin keseruan seperti ini, saat itu hujan memang sering turun di hari sabtu sore, tapi karena gua orang sibuk jadi gua bisa mandi hujan kaya gini cuma dua kali dalam sebulan, makanya sekarang gua harus puas-puasin mandi hujannya biar gak kebawa mimpi.

Gua masih terus main bola, dan secara tidak diduga-duga hujanya semakin deras, angin yang berhembus pun semakin kencang, bunyi-bunyi gluduk juga gak kalah kencangnya, sampe sini nyali gua udah mulai menciut, gua udah mulai takut ngedenger bunyi gluduk yang semakin membahana, sebisa mungkin gua mulai membiasakan diri dengan keadaan yang udah mulai extreme ini.

Gua ngeliat temen-temen gua, wajah mereka terlihat kosong, seperti hidup tanpa arti dan tujuan, kesian. Kelihatanya mereka juga punya perasaan yang sama kaya gua, kelihatanya nyali mereka juga udah mulai nge-down, pikiran untuk segera pulang pun udah mulai tersirat di pikiran gua. Si bogel seperti biasa ngeluh untuk yang kedua kalinya.

‘eh udahan yuk mainya, lu semua gak takut apa, hujan udah makin deres, angin makin kenceng, gua ngeri kebawa angin topan ah, belum lagi petirnya kenceng-kenceng banget, asli gua takut, ayo ah pulang’ kata bogel dengan tampang muka melas yang lebih mirip kaya tampang muka simpanse yang lagi nyabut bulu ketek. Tegang.
Semuanya diam..

Gua rasa semuanya juga udah pada takut dan pengen pulang, makanya mereka lebih memilih untuk diam.

‘tanggung nih gel, kedudukan masih seri, satu gol lagi deh baru kita pulang ya’ pinta okky temen gua yang gendut pendek yang kalo dilihat dari jauh mirip tinatoon ketombean.

‘iya nih tanggung ah’ kata yogi melanjutkan

Lagi-lagi karena kalah suara dan merasa ter-intimidasi akhirnya bogel menurut, dia kembali melanjutkan bermain bolanya.

‘tapi janji ya satu gol lagi’ kata bogel berusaha meyakinkan.

‘iya gel’ sambung gua kalem.

Akhirnya permainan bola pun kembali dilanjutkan setelah terhenti beberapa kali karna masalah external, 5 menit pertama belum tercipta adanya gol, 10 menit selanjutnya juga masih belum ada gol. Di sisi lain hujan, angin, ombak, badai, petir juga semakin kencang menerjang. Kita semua semakin takut.
Dan tiba-tiba…

TTTAAARRRRRR !!!! CCTTTAAARRRR !! GAANNBATTEEE !!!! BOOOOMMMM !! GLEGAAARRRRR !! UUUIIIII !! BBBZZZZZZZ !!!

 Dengan tidak diduga-duga dan tidak disangka-sangka beberapa kali hentakan kilat petir menyambar tepat di pohon di sekitar kebon yang kira-kira hanya berjarak 700m dari lapangan dimana kami sedang bermain, pohon itupun tumbang dan terbakar.

Kita semua kaget sekaget-kagetnya orang yang bener-bener lagi kaget. Kita semua teriak bareng.

AAAARRRRGGHHHH !!!

Bogel bagian suara satu, gua suara dua, kudil suara tiga, iwan suara hati.

Gua panik abis, tapi gua berusaha sebisa menyembunyikan kepanikan gua di depan teman-teman gua, biar gua terlihat sedikit lebih pemberani di mata teman-teman gua, gua pura-pura kalem, keren kan strategi gua.

Doyok menjerit sambil koprol-koprol ringan. Bogel nangis kejer.

‘maaaa bogellll mau pulangg maaa, bogel takutt petirr maaa, bawa bogel pulang maaa, bogel janji deh kalo bogel gak bakal kabur lagi kalooo di suruh nyuci piring sama mamaaa…’ racau bogel ditengah-tengah isak tangisnya.

Kita semua bener-bener bingung.

‘plis jangan nangis napa gel, disini lagi gak ada abang-abang balon’ kata gua berusaha menenangkan.

‘setan lo’ bentak bogel.

Ditengah-tengah kebingungan kita tanpa pikir panjang lagi kita semua mengambil tindakan emergency, dengan langkah seribu kita semua berlari sekencang-kencangnya menjauh sejauh mungkin dari lokasi kejadian. gua nengok kebelakang, kesian okky, dia gak bisa lari kenceng.

‘woi tungguin gua tolol, tungguin gua !!’ teriak okky sambil terseok-seok berusaha berlari sekuat tenaga. Lalu kita semua nungguin okky, merasa jarak kita sudah aman kita pun mulai berhenti sambil mengembalikan tenaga.

‘haaahhhhh haaahhh hhhaaahhh’ napas gua gak beraturan.

‘tuh kan kejadianya jadi kaya gini, untung aja gua gak kenapa-kenapa, coba nanti kalo gua mati jantungan, kesian kan kucing gua gak ada yang kasih makan’ seru doyok yang mulai menyalah-nyalahkan.

‘tau nih ah, coba aja kita tadi pulang lebih cepat, kita gak mungkin ketakutan kaya gini kan, kita gak mungkin lari-lari sambil ngos-ngosan kan’ kata bogel melanjutkan.

Kita semua diam.

Gak ada yang berani jawab, kali ini bogel menang, sekarang kejadiannya malah berbalik, sekarang jadi kita yang merasa ter-intimidasi disini. Melihat suasana udah mulai enggak kondusif gua lalu berusaha menengahi.

‘udah-udah ! ya kita minta map, kan kita juga gak tau kalo kejadiannya bakal kaya gini, kita gak tau kalo bakal ada petir yang menyambar, lagian juga kita semua gak kenapa-kenapa kan’ kata gua sok dewasa.

‘ya untung aja kita semua enggak mati disambar petir atau mati karena jantungan’ kata bogel dengan nada sinis.

‘tapi lu semua enggak kapok kan buat mandi hujan lagi ?’ kata okky

‘ya enggak lah’ kami semua serentak ngomong setengah teriak

‘yaudah makanya, sekarang kita pulang aja kerumah masing-masing, anggap aja ini semua merupakan pengalaman yang berharga, pengalaman yang tak terlupakan.’ Kata gua seakan-akan ini moment terindah yang sedang terjadi.

‘iya iya bener, yaudah mending kita pulang aja, lagian juga ini udah mau malem’ kata yogi menimpali.

‘yaudah oke deh, ayo pulang’ kata bogel yang sudah tidak terlihat kesal lagi.

Akhirnya kita semua bisa memaklumi dan pulang ke rumah masing-masing. Gua pulang kerumah dengan perasaan yang masih was-was, perkataan bogel kembali terngiang-ngiang di pikiran gua, ‘untung aja kita gak kesamber petir tadi, untung kita gak kenapa-kenapa’. Tapi jujur ini semua bakal jadi pengalaman yang berharga buat gua, dan gua enggak bakal kapok buat mandi hujan lagi.

Pas gua sampe di rumah, gua langsung kena omelan sama nyokap, ini sangat tidak fair, di saat gua lagi capek-capeknya nyokap dengan brutal ngomelin gua.

‘kamu ini kemana aja sih ! mama udah cariin kamu kemana-mana’ kata nyokap gua sewot.
Gua yang saat itu udah bener-bener capek hanya bisa jawab

‘maaf ma, tadi main bola di lapangan hujan-hujanan sama temen’ kata gua santai.
Nyokap gua kayaknya enggak terima dengan jawaban gua.

‘kamu ini ! kamu gak takut apa kalo misalkan kamu kesamber petir, nanti kalo kamu kesamber petir siapa yang repot ? ya mama juga kan’ kata nyokap gua yang semakin berapi-api.

‘ya maaf ma maaf’ kata gua seakan-akan ini masalah sepele.

‘maaf maaf ! udah mama bilangin juga berkali-kali jangan mandi hujan ! nanti sakit ! kalo udah sakit mama juga nanti yang repot’ ucap nyokap gua

‘iya ma, enggak lagi-lagi deh’ seru gua

‘yaudah sekarang kamu mandi sana, abis mandi langsung makan’ suruh nyokap gua yang masih sedikit agak marah.

‘iya ma’ kata gua singkat.

Lalu gua mandi, karna perut gua yang udah berkontraksi daritadi, abis mandi gua langsung lanjut makan.

Saat gua lagi makan, enggak tau kenapa tiba-tiba kepala gua mendadak pusing, badan gua mendadak panas, mata gua lemes, ginjal gua mencair (berasa es krim), gua pikir mungkin ini efek akibat mandi hujan tadi kali ya.

Satu malam gua tidur bener-bener gak nyenyak banget, jam 3 malam gua kebangun dan suhu badan gua panas tapi gua merasa kedinginan banget waktu itu, gua panik sendiri, tapi disini gua enggak mau terlihat lemah, akhirnya gua tahan-tahan aja, oke dengan ini gua fix sakit.

Besoknya gua kasih tau ke nyokap kalo gua sakit, nyokap gua yang emang udah tau penyebab gua sakit, dia tidak menggubris penyakit gua.
‘rasain tuh, itu akibatnya kalo anak yang enggak nurut sama orang tua, pasti bawaanya kualat’ ucap nyokap gua.

Gua diem, gua pasang muka semelas mungkin, persis kaya muka bocah yang terpisah sama orang tuanya terus nyasar di ragunan, melas abis. Gua merasa ter-intimidasi.

Dan pada akhirnya nyokap gua pun luluh juga, akhirnya dia mau juga ngobatin gua tapi dengan syarat bahwa gua gak boleh lagi mandi hujan. Ya namanya dulu anak kecil, masih sering-seringnya buat berbohong, maka dengan senyum sinis gua langsung mengiyakan saja syarat itu.

Tiga hari berikutnya gua udah sembuh, badan gua udah gak panas lagi, gua udah gak bangun jam tiga subuh lagi dan yang paling penting gua masih tetap mandi hujan di sabtu sore tentunya tanpa sepengetahuan orang tua gua dan untungnya juga gua jarang sakit, kalo misalkan kebetulan gua sakit, gak enggak mau ngasih tau ke orang tua gua kalo gua sakit. Kejadian waktu itu untungnya enggak membuat gua kapok untuk mandi hujan.
Mandi hujan di sabtu sore gua udah mulai berkurang ketika gua menginjak Smp, mungkin karena kegiatan di Smp yang lumayan banyak dan sedikit demi sedikit gua udah mulai beranjak dewasa alhasil aktivitas mandi hujan di sabtu sore juga jadi semakin jarang dilakukan.

Dan sampai sekarang walaupun jarang sekali gua mandi hujan, kalau misalkan ada waktu kosong di sabtu sore dan kebetulan hujan, gua pasti sebisa mungkin menyempatkan diri untuk mandi hujan sama temen-temen gua.
Jadi gak ada alasan buat kita benci sama hujan, kalo kita benci sama hujan itu sama aja kita benci sama anugerah yang Tuhan berikan.

Jadi disini intinya kita jangan menyesali akan datangnya hujan, malah sebaliknya kita justru harus mensyukuri akan datangnya hujan itu tersebut.

Note : Every fall of Rain likely would have continued with the advent beauty of the rainbow


*Indahnya pelangi di Bangladesh :)

Oke segini dulu postingan gua kali ini, semoga bermanfaat (walaupun gua sendiri tahu postingan ini enggak ada manfaatnya sama sekali). Semoga setelah gua ngeposting kaya gini, makin banyak generasi-generasi penerus bangsa berumur 9 tahun yang doyan mandi hujan (ngaco). Salam gluduk !


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar