Final Destination




Semua orang tampak sibuk, maklum, 2 minggu kedepan UN dilaksanakan serentak di Indonesia, tak terkecuali gue, mau gak mau dengan berbekal semangat segede upil babon, gue rela capek-capek mengikuti berbagai macam pelajaran tambahan. Sekolah gue mengadakan pendalaman materi setiap hari sabtu

“sal, lu ngerti gak yang tentang listrik-listrikan ? gue kagak ngerti” kata nova yang daritadi gue lihat mengotak atik bukunya entah ngerti apa kagak gue gak tau.
Dengan mantap gue bilang “nggak ngerti” hehehe
“yah payah lu”
         
Gue hanya bisa nyengir-nyengir najong. Perjuangan 3 tahun selama di smp ini akan di tentukan 2 minggu ke depan. Dengan patokan kalo gue nggak dapet SMA negri, gue bakal dengan brutal di angkut truk gandeng menuju kampong halaman gue, gue hanya bisa pasrah menunggu keajaiban datang menyelamatkan gue dari truk gandeng laknat itu.

          Gue yang hanya di berkahi otak yang seukuran ikan koi hanya bisa pura-pura ngerti saat guru sedang menerangkan.

          Saat ulangan harian matematika tiba gue bener-bener pasrah, gue bingung mau ngapain, mau ngejawab soal takut salah, mau ngerobek soal takut kena denda, mau lari-lari telanjang kedepan kelas takut dikira gue artis bokep, gue panik, PANIK !.
          Gue mencoba tenang, ok , mau nggak mau dan memang harus mau gue harus menjawab soal-soal yang terlihat angker itu dengan mengandalkan feeling gue yang menurut gue cukup unik
         
          Gue nengok ke kiri dan ke kanan, kelihatanya semua temen gue lancer-lancar aja dalam mengerjakan soal. Gue ngeliat lembar jawaban komputer gue yang membentuk pola gelombang salju. Pas lagi pasrah-pasrahnya dengan nasib yang ditentukan sama feeling gue ini tiba-tiba temen gue yang duduk di depan gue, si erik, nyenderin bangkunya kebelakang.

“woy sal” bisik erik
Gue yang lagi galau mikirin feeling gue yang hoki apa nggak sambil gambar power renjer lagi koprol di kertas soal langsung nengok kedepan.
“sal, udah selese ?” erik melanjutkan.
Gue memajukan badan kedepan, dengan lantang tapi berbisik gue bilang
“udah dong”
“wah gila, jago banget lu”.
 Gue cuman senyum mesum. Si erik gak tau aja kalo gue tuh selese bukan karna gue ngerti sama soalnya, tapi emang karna jawaban gue semuanya menggunakan feeling gue yang imut alias NEBAK.

         
Beberapa menit kemudian, erik kembali menyenderkan bangkunya kebelakang,
“nih, tulis semua jawaban lu dong, gue gak bias sama sekali nih” katanya sembari mengoper secuil kertas ke meja gue.
Yah namanya juga temen minta bantuan, gue pun menulis semua jawaban gue. Gue menyeret erik bersama-sama ke dalam lubang kehancuran ! yeay !, map ya rik, kan elo yang minta, batin gue. Alhasil, setelah di koreksi, semuanya bisa di tebak, termasuk kemarahan erik.



          Sejak saat itu, gue lebih giat belajar lagi agar bias menghadapi UN nanti dengan maksimal.
         
          Hari-hari gue sangatlah sibuk, se sibuk orang lagi nahan pup nya. Gak ada lagi waktu buat main main yang gak jelas. Semua udah di isi dengan belajar, belajar, dan main (eh, maksud gue belajar).
          Gue ada les selama 3 hari seminggu, yang bener-bener ngebuat otak gue ngebull, tapi apa daya, demi menghindari truk gandeng laknat itu, gue rela mati-matian belajar.

♫♫♫♫

            Tak terasa H-4 menuju hari penghakiman bagi pelajar-pelajar menengah pertama akan tiba. Ternyata yang gue lihat malah lebih ironis, disini yang terlihat panik bukan siswa-siswinya, melainkan guru-guru dan orangtua murid tersebut, sungguh ironis.

          Sama seperti guru-guru manapun, mereka terlihat panik dan berusaha sekuat tenaga mereka untuk memberikan pengarahan dan ilmunya bagi siswa-siswi yang mereka cintai di hari-hari krusial ini.

          Gue, temen-temen, kepala sekolah, guru-guru, karyawan-karyawan, para staff, pedagang siomay, pedagang ager-ager, pedagang macaroni melakukan doa bersama agar diharapkan semua siswa dapat lulus 100% dan mendapatkan nilai yang memuaskan.
          Keesokan harinya suasana kelas gue mendadak heboh, pikiran gue langsung kemana-mana, jangan-jangan di sekolah gue ada yang masang bom ? ato gak ada yang kesurupan setengah telanjang sambil megangin titit’a ? gue bingung.




“rik, ini ada apaan ?” Tanya gue penasaran
“eh ini, anak-anak lagi pada mau patungan”
“patungan buat apaan ?”
“biasa, patungan buat beli konci jawaban”
“konci jawaban ?” Tanya gue setengah gak percaya
“iya, lu mau ikut ?”
“hah ? ikut ? emmm, enggak deh”
“kenape ? enak lho”
“enak nenek lu salto ! gue ngeri ah”
“ngeri kenapa ? lebay lu ah”
“bukannya lebay, ngeri aja, siapa tau konci jawabannya salah. Kan kita gak tau”
“iya, tapi kan nanti bisa kita cocokin, bener apa nggak”
“tetep aja gua gak mau”
“ah katro lu, yaudah deh”

          Yaa begitu lah zaman sekarang, kunci jawaban merupakan solusi cepat dan tepat bagi mereka orang-orang yang gak percaya pada kemampuanya sendiri, banyak orang yang tidak percaya pada kemampuanya, kalau begitu apa gunanya belajar selama 3 tahun kalo ujung-ujungnya mengandalkan kunci jawaban ? apa gunanya doa bersama kalo tidak percaya diri sendiri ? apa gunanya ngikutin pelajaran tambahan + pendalaman materi ? apa gunanya les ? hanya buang-buang waktu aja kalo ujung-ujungnya mengandalkan kunci jawaban.

          Bukannya gue sok keren ato sok ganteng, bukan, gue emang kagak suka aja ama yang namanya kunci jawaban, apalagi dari sumber yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.


          Waktu itu gue pernah denger berita dari temen gue, dia cerita kalo temenya dia itu merupakan salah satu korban penipuan berkedok kunci jawaban, nama temenya itu Kemal. Ciri-ciri fisiknya (menurut pengakuan temen gue) : badan berbentuk celengan babi, alis mata tebel, dari hidungnya suka keluar cairan lendir, rambutnya cepak mangkok, kalo ketawa nggak akan bisa berhenti, bisa nelen panadol gak pake air, punya tahi lalat di selangkanganya. Kalau dia itu tewas bunuh diri dengan meminum air kencingnya sendiri + 2 botol baygon setelah mengetahui hasil Nemnya.

          Yang kata temen gue penyebabnya adalah sang bocah malang itu atau si Kemal membeli konci jawaban seharga 50.000/mata pelajaran dari orang yang dia kenal yang ngaku-ngaku sepupu dari mentri pendidikan (dan ternyata di ketahui sebagai pedagang gorengan di wilayah cileduk banten).
          Si kemal dengan polosnya membeli konci jawaban itu, karna si kemal malang itu nggak pinter alias bego alias goblok alias tolol alias idiot tanpa memikir panjang lagi si kemal dengan mantapnya menyalin semua kunci jawaban yang di belinya ke lembar jawaban komputernya.

          Kata temen gue, si kemal sangat bahagia saat itu, dia tidak sabar untuk melihat hasil ujianya.

          Setelah menunggu sekian lama, pengumuman akhirnya tiba, kita semua tahu kisah selanjutnya, ya benar, si kemal shock, kaget, histeris, malu, sedih semuanya bercampur aduk menjadi BAHAGIA (sumpah gak nyambung banget). Ketika dia melihat hasil ujianya dan ternyata dia termasuk siswa yang gak lulus, hatinya langsung luluh lantah, jantungnya serasa copot, tititnya hamper terbang (untung dia make sempak), dia bener-bener stress, dia mendapat tekanan mental yang besar dan perasaan malu yang amat sangat berat.

          Dia lalu mengambil keputusan yang amat teramat konyol, si kemal dengan tragis mengakhiri hidupnya dengan cara yang cukup sadis dan mengharukan ‘meminum air kencingnya sendiri + 2 botol baygon’ bener-bener mengharukan.

          Dari cerita diatas dapat kita simpulkan bahwa si kemal itu orangnya bego (engkong-engkong buncit juga tau)  ya, belajar dari pengalaman diatas bahwa kita tidak bagus bagi kita pelajar-pelajar terdidik untuk tidak percaya pada diri kita alias mengandalkan kunci jawaban, karna usaha tersebut dapat lebih membahayakan pada diri kita sendiri, ada baiknya kita percaya pada diri kita sendiri, walaupun hasilnya kurang memuaskan, namun ada kebanggaan tersendiri, daripada mengandalkan kunci jawaban yang gak jelas asal usulnya.

          Misalkan nilai kita bagus oleh kunci tersebut, pasti 100% tidak ada kebanggaan dalam diri kita terhadap nilai itu, dan karena kebiasaan dalam diri kita yang selalu tidak percaya diri tersebut akan terbawa kelak sampai dewasa nanti.
         
Jadi disini intinya Cuma satu “PERCAYA DIRI SENDIRI !”

Sehari menjelang UN, semuanya udah gue persiapkan semaksimal mungkin, mulai dari jaga kesehatan, peralatan yang akan dibawa seperti : pensil, pulpen, penghapus, rautan, papan, spidol, cet air, kaca, lipstick, bedak, stocking (maklum, sehabis un gue langsung mangkal).
Semuanya udah gue persiapin untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yag tak terduga seperti kencing celana pas lagi ngisi nomor ujian, kesurupan pas lagi bingung mau jawab apa, kebelet boker, hingga hal yang paling ekstrem sekalipun ‘mengajak kencan pengawas’.

Malam itu sebelum gue tidur, gue masih meluangkan waktu untuk buka buka buku agar lebih percaya diri sekaligus sebagai pengantar tidur gue menuju hari bersejarah besok.

♫♫♫♫

Hari yang tidak diinginkan ini akhirnya datang juga, hari yang akan mengubah masa depan seorang pelajar, hari yang mungkin tidak akan pernah dilupakan
Saat gue sampe di sekolah, gue kaget, sekolah gue terlihat seperti pasar tumpah, rame banget, ada yang sibuk belajar, ada yang sibuk nyalin kunci jawaban, ada yang sibuk pacaran, sampe ada yang tari perut di lapangan sangking paniknya dengan hari ini, gue hanya geleng-geleng.

Gue ngeliat di pojok kelas si erik sedang menyalin sesuatu.
“lu lagi ngapain rik ? “ Tanya gue
“lagi nyalin kunci jawaban yang gue beli waktu itu”
“ohh” kaya gue singkat
“lu gak beli ?”
“kan gue udah bilang, gue nggak mau yang begitu-begituan” jelas gue
“oh yaudah”
“oia, pesen gue cuma satu, hati-hati sama tuh konci”
“iyee, nanti kan bisa gue cocokin bener apa kagak”.

          Kriingggggg..Kriingggggg..
Bel penanda masuk sudah meraung-raung. Gue dan temen-temen gue yang lainya langsung masuk ke ruang ujian, suasana di ruangan terlihat sangat angker, tata ruangan terlihat rapi, ada nama dan nomor ujian kita tertera di setiap meja.

          Mata pelajaran pertama yang di ujikan yaitu b.indonesia. gue langsung sibuk mengeluarkan semua keperluan untuk ujian : pensil, penghapus, rautan, papan, nomor ujian. Gue nggak ngeluarin kaca, bedak, lipstik dll (takut  nanti di pinjem pengawas). Gue berharap pengawas yang masuk bertampang hello kity.
         
          Tebakan gue hampir bener, hampir ! walaupun pengawas yang masuk ke ruang ujian gue gak bertampang hello kity, tapi setidanya gak ada tampang serem di raut muka mesumnya itu.
         
Pengawas memberitahu tata tertib saat ujian berlangsung, diantaranya dilarang nyontek, dilarang merokok saat ujian, dilarang khayang, dilarang sulap, sampe yang paling mendalam ‘dilarang adu panco saat ujian berlangsung’.
Lembar jawaban computer di bagikan, di susul kertas soal, nova yang daritadi terlihat penasaran langsung membuka soal tersebut.

“hei kamu !” bentak pengawas
“saya pak ?” Tanya nova
“Iya kamu, siapa yang suruh buka soal ?”
Tidak ada yang boleh buka soal sebelum mendapat perintah dari saya !

nova diem…
gue diem….
anak-anak yang lain diem…
denny cagur pun diem..

          Ternyata di balik muka mesumnya itu si pengawas juga mempunyai sifat yang sok sok galak, gue hanya bisa mendesah.
“sekarang kalian boleh mengerjakan soal tersebut” kata pengawas sok galak itu
         
          Gue langsung membuka lembar soal tersebut, gue perhatiin, gue lihat, gue sobek (ngaco) . lembar soalnya susah susah gampang alias gampang gampang susah alias gampang susah gampang alias susah gampang susah.
         
          Gue mulai mengerjakan soal tersebut, nomor 1 aman, nomor 2 beres, nomor 3 ketawa-tawa, nomor 4 bengong bentar, nomor 5 udah agak sulit, gue terus mengerjakan dengan penuh perasaan dan hati yang tulus (cocuit) . dan.. GLEK !
Soal nomor 33 terlihat sangat tidak berprikesoalan, bunyinya :
‘apa yang anda lakukan bila tiba-tiba anda ketahuan nonton film bokep di hp ?’
Opsi’a
a.      Langsung membuang hp tersebut
b.     Tetap menonton film itu sampai habis, tanpa memperdulikanya
c.     Mengajak yang bersangkutan untuk ikut nonton
d.     Pura-pura amnesia dengan ngomong ‘bapa siapa ? akuh siapa ? akuh dimana ? akuh lagi ngapain?’
e.      Pura-pura pingsan

Gue bingung, sangat bingung, kenapa ? karna opsi’a gak ada yang salah alias bener semua. Karna takut waktunya habis, terpaksa, lagi-lagi gue harus mengandalkan feeling gue yang imut ini, akhirnya, gue jawab C !

          Ujian b.indonesia pun akhirnya selesai, menurut gue soalnya lumayan gampang, gue cuma sedikit menemukan kesulitan.
         
         



          B.indonesia memang gak sesulit matematika, makanya, gue udah ngebuat patokan bahwa di pelajaran b.indonesia ini nilai gue harus gede, kenapa ? biar bisa nutupin nilai-nilai yang kurang bagus dari mata pelajaran yang gue anggep susah, semisal matematika. Gue sih udah ngebuat patokan, gak usah gede-gede minimal nem gue 32 lah, gue udah seneng banget, dan pasti masuk SMA negri, tapi buat ngewujutin itu gak semudah membalikan telapak kaki (setau gue tangan deh). Gue mesti berjuang keras ! yapp, BERJUANG KERAS !.
“sall” teriak erik
“apaan ?”
“bener yang lu bilang”
“bilang apaan ?”
“bener, konci jawaban yang gue beli salah, tadi udah gue cocokin di no 33 tadi, di konci jawabanya D, tapi kan jawaban yang bener C, gue nyesel sal”
“hah ? no 33 ? pikiran gue mulai menerawang, no 33 yang mana ya ? hmm, oia, gue inget, di situ gue jawab C, yess berarti gue bener, batin gue”
“gue bingung sal”
“bingung kenapa ?, emangnya tuh konci lu salin semua ?”
“yaa nggak semua sih, palingan ada 10 nomor lah”
“lu sih lagian, gue bilang juga apa”
“iya sal, jangan jangan semua konci jawabanya salah lagi ya?”
“bisa jadi, b.indonesia aja udah salah, apalagi yang lain”
“gue nyesel beli tuh konci”
“penyesalan emang selalu datang belakangan” kata gue sok bijak
“iya”
“emang yang beli tuh konci siapa aja ?” Tanya gue
“banyak, yang gue tau nih ya, si nova, ucup, dewi, tia, dika, catur, dwi, ilham, frans, sisil ama rendy, yang gue tau sih cuma segitu, soalnya mereka sama gue beli di orang yang sama”
Gue hanya geleng-geleng.
♫♫♫♫

          Besoknya mata pelajaran matematika lah yang akan di ujikan, gue harap-harap cemas, karna di matematika lah kelemahan gue. Suasana di sekolah pun masih sama, tidak jauh berbeda dari yang kemarin, ramai, tapi yang berbeda disini yaitu pengawasnya, gue sangat berterima kasih kepada Tuhan , ruang gue di berikan pengawas yang tampangnya beler, lemah gemulai, kocak. Sangat mendukung untuk melakukan modus-modus tertentu, mengingat mata pelajaran sekarang matematika yang amat teramat susah, gue tersenyum penuh kemenangan

          Soalnya susah-susah banget ! (padahal belom gue buka) . gue mulai mengerjakan soal satu per satu, gue ngeliat ke pengawas yang sedang melamun, gue ngebayangin dia lagi melamunin istrinya yang sedang bercumbu dengan pria lain (mungkin).
           
          Gue mulai gundah gulana, panik, sedih, bingung lantaran masih banyak soal-soal yang gue belom selesai, gue nekat. Gue nanya ama dani yang terbilang cukup pinter.
“dan, nomor 17 ampe 35 apaan ?” Tanya gue
“hah ? 17 ampe 35 ?”
“iyee, apaan ?”
“buset deh, lu nanya apa ngejambret ? buanyak buangett”
“hehe, abisnya gue gak ngerti nih, susah-susah banget sih, lu tulis di kertas aja jawaban lu”
“iyaa, tapi ada yang belom”
“yaudah gapapa, cepetan”

Si dani gak cuma pinter, dia juga baik hati, rajin menabung dan pandai memasak, jarang-jarang ada orang kaya dia.
“nih” kata dani sembari melemparkan kertas kecil
“thanks yaa”

          Sebelum gue salin tuh kunci jawaban, hal pertama yang gue lakuin adalah ngopi, ngerokok, ngejablay (ya enggak lah). Gue meriksa bener apa kagak konci jawaban yang di kasih dani, gue gak mau kena karma, walaupun dani terlihat cukup baik, tapi gue nggak tau apa yang sebenarnya yang dia pikirkan, jangan-jangan dia dendam sama gue, mau ngebunuh gue pelan-pelan, mau bikin gue gak lulus, bisa aja kan, gue kan gak tau.

          Setelah gue cocokin, gue samain, gue periksa dan hasilnya… GUE GAK TAU !
Orang gue aja gak bisa soal itu, gimana gue mau cocokin coba ?
“dan”
“apa lagi, masih kurang ?”
“bukann, jawaban yang tadi lu kasih itu bener apa nggak ?”
“yaa bener lah, masa gue tega sih ngeboongin temen gue sendiri” kata dia yang ngebikin hati gue langsung luluh
“gitu yaa, oke deh”
          Gue hanya bisa percaya, ada bener’a juga sih si dani

          Ujian nasional pun akhirnya selesai juga, gue seneng dan lega, akgirnya selama 4 hari berturut-turut gue di cekokin, di siksa, di aniyaya oleh soal-soal biadab yang tidak berprikesoalan.
          Sukses apa nggak ? tergantung Tuhan, apakah Dia mau mensukseskan hambanya yang hina ini.

          Liburan panjang pun sudah menanti di depan mata. Hari-hari gue sekarang jadi jauh lebih tentram dan sejahtera, tidak ada lagi soal-soal biadab yang mesti gue kerjakan, tidak ada lagi pendalaman materi yang ngebikin hari gue suntuk, tidak ada lagi les-les segala macem yang ngebikin waktu gue yang seharusnya di isi dengan hal-hal yang menyenangkan yang sebagaimana anak-anak muda lakukan. Sekarang gue bebas, bener-bener bebas. Tinggal menunggu hasilnya aja nanti

          Malam itu gue di ajakin jalan-jalan ama temen-temen sekelas gue nongkorong di Cam’p steak, menteng atas, setia budi.
Awalnya gue gak mau, akhirnya setelah di bujuk sekian lama oleh temen-temen gue, yaudah, gue iyakan aja.
          Suasana di Cam’p steak tidak terlalu ramai, hanya di isi oleh satu orang pasangan, satu orang ibu-ibu hamil beserta suaminya dan anaknya dan seorang wanita muda yang lummayan cantik.

“lu pesen apaan sal ?” teriak nova
Gue yang dari tadi terpukau melihat cewek di samping sana akhirnya tersadarkan oleh teriakan keparat nova.
“oh iya iya, emang lu pesen apaan ?”
“gue sama anak-anak pesen Special cam’p, lu mau mesen apa ?”
“apa yaa ? emmm, gue pesen Chicken gordon bleau aja deh” kata gue
“yaudah”

          Gue kembali mengalihkan pandangan gue kearah perempuan tadi, gila tuh cewek, cakep-cakep kok sendirian ya, secara mendadak dan tanpa di komandoi tiba-tiba si cewek menengok kearah gue, sontak gue kaget dan dengan reflex yang sangat tinggi gue langsung memalingkan wajah gue.
Setelah beberapa menit gue kembali menengok kearah cewek tadi, dan ternyata.. ohh god.. dia menghilang !! hilangg !!

          Pikiran gue kemana-mana, jangan-jangan dia di culik suster keramas ? atau dia langsung pingsan dan dibawa ke rumah sakit lantaran dia sempat melihat muka gue yang bopak ini, atau tadi pacarnya datang buat jemput dia ? gue bingung sekaligus lemes, gak ada lagi pemandangan yang indah, huhh.

          Gue kembali fokus ke temen-temen gue, ngobrol-ngobrol menanyakan seputar UN kemarin, bercanda ria, asik deh, tak terasa sudah jam setengah sebelas, mata gue juga udah mulai kabur, akhirnya kita pun pulang.

♫♫♫♫

          Hari ini adalah hari pengumuman kelulusan, semua murid tampang tegang sekali dikarenakan guru gue memberitahu bahwa ada 10 orang di sekolah kami yang gak lulus.
          Tapi semua berubah menjadi bahagia dan senyuman disaat kepala sekolah menyatakan bahwa sekolah gue lulus 100%.
Semua terlihat bahagia, termasuk guru-guru gue yang tadi memberitahu kabar buruk pun ikut tertawa senang. Gue sangat senang sekali, mengingat udah lama gue ingin merasakan memakai celana abu-abu.

          Semua siswa mengekspresikan kegahagianya dengan berbagai bagai macam, ada yang joget-joget ala boiben gitu lah (jogetnya mirip anjing kena diare), ada yang sulap sambil koprol, ada yang guling-gulingan di tempat sampah sambil triak triak ‘WWAARRGHHH, WARHGGGGG’, ada yang langsung saat itu juga menyatakan cintanya kepada sang pujaan hati, sampe yang paling ekstrem, kencing sambil khayang (bias lu bayangin) sambil triak ‘pipisin nih ! pipisin nih ! nih !’ gue hanya bisa geleng-geleng sembari menghindar dari kencing keramatnya itu. Yaa begitulah ekspresi orang kalo yang sedang overbahagia.

          Sebagaimana siswa siswi lainya lakukan setelah ujian selesai, begitu pula terjadi di sekolah gue, siswa siswi pada sibuk membagikan tanda tangan mereka di kain yang telah mereka siapkan atau langsung di baju mereka serta mencorat coret baju seragam mereka dengan pilok yang menandakan mereka lulus.
         
          Gue yang daritadi melihat keramainan itu hanya bisa tersenyum tapi gua gak mau ikutan nyorat nyoret baju, dikarenakan gue ingin ngasih baju-baju smp gue sama saudara gue yang mau masuk smp.

          Gue sudah membawa kain yang lumayan besar untuk mengumpulkan tanda tangan temen-temen gue sebagai kenang-kenangan di masa smp ini.
“rik, minta tanda tangan lu dong” teriak gue
“nihh.. gue juga minta tanda tangan elo ya, di baju gue aja” kata erik
gue pun memberikan tanda tangan gue yang keren ini dengan cuma-Cuma.
“nov, tanda tangan lu”
“lu juga”
“sal. Minta tanda tangan elo dong” teriak angel temen sekelas gue.
“lu juga gentian nih”.
          Begitulah gue sibuk nyari dan ngasih tanda tangan.

          Hari-hari libur gue lewati dengan penuh damai dan sukacita.
Saat itu santer terdengar kabar bahwa kalau sudah bisa mengetahui NEM kita secara online melalui website yang tersedia, gue yang selama ini penasaran langsung membuka facebook berniat untuk menanyakan informasi lebih lanjut sama temen gue.

          Gue terbelak kaget saat baru membuka facebook dan melihat beberapa status temen gue yang menuliskan tentang hasil NEM mereka.

          Dari sekian banyak, yang gue inget cuma segini
“YAOLLOHHH, NEM GUAA YA OLLOHHH, NEM GUAAA ! CUMA 27, HWAAAAAAA, HWAAAAAA, MAMA TOLONGG, PAA TOLONGG, BIBI TOLONG BIIII”. Gue hanya bisa ngelus ngelus dada
“yYyessS, nNe3m ue b49uss, nNe3m ue ba9Uss, yYe3ssssS”. Gue yang penasaran langsung ngechat ke dia.
“emang nem lu berapa ?” Tanya gue
“n3m uE ?”
“iya, berapa ?”
“b4guS doN6z”
“yaa berapa ?” gue emosi
“24”
“monyet !”

Gue bingung kok nem 24 dibilang bagus sih ? bagus dari mananya ? bener-bener aneh, gue mikir mungkin sebenernya dia kena tekanan mental yang kuat, makanya dia jadi kayak gitu, kesian.
“alhamdulilah, berkat doa dan perjuangan gue selama ini, akhirnya hasilnya memuaskan, nem gue 35, thanks god !” gue hanya manggut-manggut.
“ah nem gue cuma 21, bodo ah, orang abis smp ini gue langsung kawin kok, bodo amet deh nem gue kayak gini” gue gak ngedip bacanya
         
          Gue langsung kepikiran nem gue, oiaa, nem gue !, nem guee !, mudah-mudahan gak seburuk yang tadi-tadi. Gue langsung ngechat temen gue Sandra buat nanyain informasi gimana cara ngeliat’a.
“san, cara ngeliat nem gimana ?”
“lu belum tau ?”
“kalo gue udah tau ngapain gue mesti nanya ke elo dodol”
“hahaha, buka nih websitenya….. trus masukin nomor ujian lu, nama sama tanggal lahir”
“oh, thanks ya”
“iya”
         


          Gue langsung ngebuka situs website yang di bilang Sandra dan langsung masukin data-data gue, gue deg-degan. Sama seperti orang yang telah melakukan hubungan badan di luar nikah trus ngecek ke rumah sakit pasti yang ada di pikiran laki-lakinya gini ‘mudah-mudahan gak hamil, mudah-mudahan gak hamil’. Sama kaya gue ‘mudah-mudahan bagus, mudah-mudahan bagus.

          Dan dengan satu hentakan yang sengaja gue slow motionin gue menekan tombol keramat,
DANNNN…
TTAAARRRRR !
Tegang.

31.20 !!
Hening sesaat.
         
          Gue bingung itu nilai apaan, tapi ada tulisanya Ujian Nasional. Perasaan gue campur aduk, gue gak tau dengan nem segitu gue bisa ngapain, menurut gue sih lumayan. Sekedar perbandingan : kalo menurut gue lumayan, menurut ortu gue jelek, kalo menurut gue bagus, menurut ortu gue lumayan, menurut gue jelek, menurut ortu gue bagus (kocak !) .

          Gue gak tau, gue bisa masuk Sma negri apa nggak dengan nem segitu, kayanya sih masuk, kayanya !
         




          Dengan semangat yang masih tersisa, gue langsung lari secepat mobil v8 menuju rumah gue yang hanya berjarak 10m (sumpah capek banget).
“ma, mahh!”
Nyokap gue yang lagi ngunyah makanan tiba-tiba tersendak. Ehhk ehhekk !
“kamu ini apa-apaan sih ? mau ngebunuh mama pelan-pelan ya ? gak takut jadi batu kamu ?” jerit nyokap gue
“mmaaff’ maaf ma, amsal cuma mau ngasih kabar yang amat teramat penting”
“mama udah tau”
“hah ? jadi mama udah tau ? Tanya gue kaget
“iyaa, mama udah tau, anang mau kawin kan sama syahrini ? mama mah udah tau kali, ketinggalan jaman kamu nih”
JEGER !
“bukann, bukann itu ma, kalo itu sih amsal udah tau, tapi bukan itu”
“trus apa dong ?”
“nem ma, nemm !”
“hah nem ?” nyokap gue sudah sadar
“iyaa, nemmm”
“nem ? kamu udah tau ? berapa nem kamu ? BERAPAA !” nyokap gue mendadak kepo.
“nemnyaa.. emmhhh..”
“berapa ha ? berapa ?”
“emmhh”
“kamu nihh, yang bener kenapa, jangan bikin mama penasaran”
“tiga satu koma dua puluh”
“hah berapa ?”
“tiga satu koma dua puluh, tiga satu koma dua puluhhh !”  gue kesel
Hening panjang..
Mama gue diem, mungkin yang dia pikirkan ‘terima kasih tuhan, anaku dapat nem yang bagus, terima kasih, yess’
“mama kenapa ?” Tanya gue
Mama gue masih diem
“mahh !” seru gue
“hah ? apa ? kenapa ini ? ini dimana ?” racau dia
“ihh”
“oia nem kamuu, nem kamuu !”
“kenapa ? bagus kan” gue pede
“bagus palamu, bad score you know ? very very bad score !”
Gue diem..
Terpakuu..
Gak bisa ngapa-ngapain (kecuali napas).
“kok jelek si ma ? kan lumayan, Sma negri dapet kok” bela gue
“dapet sih dapet, tapi kamu gak bisa masuk Sma pilihan mama yang paporit itu”
Gue mengernyitkan alis
“mama gak tau sih, betapa susahnya itu semua, mendingan mama aja deh yang un sana, sana” gue ngeles
“kamuu itu !,  terserah kamu deh”
Gue hanya bisa diem..

          Ternyata tebakan gue bener-bener SALAH ! gue bingung apa sih yang ada di pikiran nyokap gue, nem segitu kan udah lumayan, coba aja di bandingin sama nem temen-temen gue yang tadi gue baca. Nem gue yang segini aja udah bikin nyokap gue kesel, apalagi misalnya nem gue kaya temen gue yang gue liat tadi, bisa-bisa nyokap gue kerasukan roh jahat deh pas denger nem gue segitu. Selamet deh buat nyokap gue !

          Setelah saat itu, gue mulai sibuk duduk di depan komputer untuk sekedar mencari Sma yang cocok dengan Nem gue.

♫♫♫♫


          Gue nyari Sma yang strategis yang gak terlalu deket dan gak terlalu jauh dari rumah (biar gak telat), terus yang Sma nya punya popularitas yang bagus (biar bisa pamer), terus yang gedung Sma nya gede (biar bisa koprol sesuka hati), terus banyak temen smp gue (wajib), terus yang guru-gurunya baik (biar belajar gue juga nyaman),trus yang satpamnya gak tengil (biar pas gue terlambat bisa gue sogok dengan 2 batang roko apache), trus yang kantinya gede (biar gak ketauan pas cabut pelajaran), trus yang ada tamanya (biar gue bisa sekalian miara bunglon kesayangan gue). Yaa pokoknya minimal kaya gitu lah gambaranya (nem 31an aja mau minta banyak).

          Dan akhirnya gue ketemu dengan Sma yang menurut gue cocok dengan criteria dan pas dengan nem gue, SMA 93, jl, komp. Paspampres. Jaktim.
          Gue udah baca data-datanya dan menurut gue cukup menarik lah ditambah lagi dengan nama jalanya yang memakai kata ‘paspampres’ (pasti keren) , walaupun gue belom pernah kesono.

          Saat gue kesana sama nyokap gue, tiba” mata gue melotot, pandangan gue kabur, jantung gue kaku, darah gue berubah warna, bulu kuduk gue berdiri semua dan napas gue masih jalan(Selamet).
Ohh god !!!
“KOK SEKOLAHNYA DEKET TEMPAT SAMPAH SIH ?” kayanya gue salah pilih nih, gue ketipu sama nama jalanya, nama jalanya sih keren, gak taunya begini.
          Salah gue apa sih, ampe-ampe jadi kaya begini, perasaan pas gue lagi nyari Sma ini di internet gue udah bayar biliing deh, kok jadi sial begini, mungkin faktor muka kali yah, nasibbb.. nasibb..

         

          Waktu itu gue lagi iseng-iseng online, gue udah kangen sama temen-temen smp gue, kebetulan waktu itu ada erik juga lagi online.
“woy rik, apa kabar lu ?”
“baek gua mah, lu sendiri ?”
“baek juga, nem lu berape rik ?”
“nem gue ? jelek “
“ya berapa ?”
“gara-gara contekan keparat itu tuh, nem gue jadi 30.20”
“lu sih gak percaya apa kata gue, lu diterima di Sma mana ?”
“gue di terima di Sma 51, kalo elu, nem lu berapa ? keterima dimana ?”
“nem gue kecil, cuma 31.20”
“segitu lu bilang kecil ?”
“kata nyokap gue”
“menurut gue sih segitu udah lumayan, tapi namanya ekspestasi orang tua tuh menginginkan jauh lebih baik dari itu” harji mulai ceramah
“iya yaa”
“eh lu tau gak ?”
“tau apaan ? idiot lu ah !”
“hehehe, si ucup kesian banget”
“kesian kenapa ?”
“gara-gara tuh konci jawaban yang dia beli salah, nemnya jadi ancur begitu, untung dia masih bisa lulus”
“wah kesian ya, lu tau gak anak-anak kebanyakan pada masuk mana ?”
“emm, ya gue gak tau juga sih, temen-temen sekelas kita pada ngambil Sma ama Smk yang beda-beda, yang di 51 aja cuma dani sama nova doing, gue denger juga si Sandra masuk 93 juga”
“ohh, untung deh gue masih ada temenya, rik udah dulu ye, gue mau jalan dulu nih”
“oh ok ok”

          Dasar ucup, dia orangnya emang begitu sih, mentang-mentang dia kaya kadi dia kagak pernah mau mikir, ngandelin orang mulu atau gak konci jawaban, yaa jadinya begitu deh, untung aja dia masih selamet, masih bisa lulus dan gak kaya kejadianya si Kemal.
         
          Dan sekarang, Era baru akan di mulai, era putih abu-abu, SENIOR HIGH SCHOOL. i’m coming.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar